Toko Batik Banyumas Di Purwokerto

Toko Batik Banyumas Di Purwokerto

Sentra Batik Banyumas

Sentra Batik Banyumas sebenarnya bukanlah di Purwokerto.  Akan tetapi di dua kecamatan yaitu Sokaraja dan Banyumas.

Membatik
Membatik

Kecamatan Sokaraja berjarak sekitar 10 Km dari Purwokerto.   Dan Kecamatan Banyumas berjarak 25 km dari alun-alun Purwokerto.

Desa yang menjadi sentra batik di daerah Sokaraja adalah di Kauman, desa Sokaraja Wetan.  Sedangkan sentra batik banyumas di kecamatan Banyumas berada di desa Sodagaran dan Papringan.

Kedua wilayah tersebut memiliki banyak pengrajin batik yang mendapatkan ketrampilan secara turun temurun.

Sehingga dapat dikatakan bahwa tradisi membatik adalah tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi dalam satu keluarga.

Baca Juga : Pengertian Batik Banyumas

Usaha Batik Banyumas

Geliat usaha batik di Indonesia memang tengah naik.  Sejak masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, batik memang mendapatkan tempat khusus dan istimewa. 

Termasuk ketika pengajuan Indonesia diterima oleh UNESCO, maka batik pun menjadi kekayaan warisan dunia dari Indonesia.

Toko Batik Banyumas Di Purwokerto
Toko Batik Banyumas Di Purwokerto

Sebelumnya, Malaysia sempat mengklaim batik sebagai budaya miliknya.  Akan tetapi berkat perjuangan panjang yang dilakukan pemerintah kala itu, maka UNESCO pun menyatakan bahwa batik adalah budaya milik Indonesia.

Waktu pengukuhan batik sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO dilakukan pada tanggal 2 Oktober 2009.  Atas dasar itulah, maka tanggal 2 Oktober adalah Hari Batik Nasional.

Kebanggaan masyarakat Indonesia akan batik juga turut bergema di wilayah Banyumas. 

Adanya pengakuan dunia dan tingginya antusiasme masyarakat tentang batik telah menjadi pendorong utama mulai majunya usaha batik banyumas setelah sebelumnya sempat mengalami penururan. 

Sebab-sebab turunnya bisnis batik Banyumas dapat dibaca lebih lengkap di artikel “Jual Kain Batik Banyumas

Tanda Berkembangnya Usaha Batik Banyumas

Hingga kini, batik Banyumas semakin berkembang.  Tanda berkembangnya usaha batik Banyumas antara lain :

  1. Banyaknya outlet atau gerai batik Banyumasan di berbagai tempat. Bukan hanya di daerah sentra batiknya saja, namun juga telah muncul di tempat lain termasuk di Kota Purwokerto
  2. Semakin bervariasinya motif-motif batik Banyumas. Saat ini telah berkembang motif-motif baru yang tidak hanya terpaku denga pakem-pakem motif yang ada.  Namun juga telah mengalami perkembangan dan kreasi yang lebih banyak.  Munculnya motif-motif baru dalam desain kreasi batik Banyumas, membuat batik dapat diterima oleh berbagai kelompok usia masyarakat.  Tidak hanya orang dewasa saja yang cocok mengenakan batik, namun anak-anak dan remaja pun dapat tampil kece mengenakan batik banyumasan.
  3. Semakin banyak generasi muda yang terjun dan menekuni bisnis batik sebagai sumber mata pencahariannya. Fenomena ini juga menunjukkan bahwa anak-anak muda ini optimis dengan perkembangan batik.  Dan dia yakin dapat hidup dari batik, sehingga dengan penuh semangat mau terjun di bisnis ini.

Adanya semangat dari anak-anak muda ini tentu saja menjadi sebuah sinyal positif tentang masa depan usaha batik banyumas

Butik Batik Banyumas

Dimana letak butik Banyumas?

Jika anda tengah melakukan perjalanan di Purwokerto atau Banyumas, maka anda dapat langsung mengunjungi butik-butik batik yang banyak di sepanjang jalan Sokaraja.  Diantara deretan toko-toko Gethuk goreng yang banyak dijumpai di daerah ini.

Bukan hanya di sepanjang jalan Sokaraja saja, butik-butik batik Banyumas juga dapat anda jumpai di daerah Saudagaran – Kecamatan Banyumas.

Desa Saudagaran adalah desa yang letaknya di belakang Pasar Banyumas.  Ditempat ini anda akan banyak menjumpai butik-butik batik banyumasan.

Batik Banyumas Di Purwokerto

Bagaimana dengan di kota Purwokerto sendiri?  Adakah batik Banyumas di sana?

Jangan khawatir, batik banyumas juga dapat anda temui di Kota Purwokerto. 

Beberapa lokasi yang dapat anda temukan adalah di Jl. Kranji (Butik Batik Banyumas), di Perumahan Arca Winangun Estate (Rumah Batik Anto Djamil), serta di Jalan Jendeeral Soedirman Barat (Pratistha Harsa-RUmah UKM).

Selain ketiga tempat tersebut juga ada gerai-gerai batik banyumasan lainnya.  

Di sini anda dapat menemukan baju batik banyumas atau kain batik Banyumas.  Bukan hanya itu, juga terdapat aneka aksesoris yang semuanya mengandung unsur batik di dalamnya

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *