Rok Batik

Rok Batik – Bagi sebagian besar orang, menggunakan rok adalah pakaian sehari-hari.  Baik untuk aktifitas di rumah ataupun kegiatan di luar rumah. Seperti ke kantor, ke pesta, acara kumpul dengan teman, acara-acara keluarga ataupun kegiatan lainnya.

Dengan adanya demam batik yang saat ini tengah muncul di masyarakat, maka rok dengan motif kain batik juga menjadi model yang juga banyak digunakan.

Inspirasi Rok Batik

Apakah anda termasuk penggemar batik dan pengguna rok dalam kegiatan sehari-hari?

Jika iya, apakah anda saat ini sedang mencari inspirasi rok batik?

Jika jawabannya adalah iya untuk kedua pertanyaan di atas, maka akan sangat menyenangkan jika terus melanjutkan membaca artikel ini.

Rok batik saat ini memiliki begitu banyak model yang desain.  Beberapa jenis model rok diantaranya adalah :

  • Rok pecah 8
  • Rok rangrang
  • Rok belah samping
  • Rok belahan depan

Apakah model-model rok di atas bisa diaplikasikan di kain batik?

Ternyata sangat bisa.

Batik sebagai sebuah motif kain yang baru dan sedang booming ternyata sangat cocok untuk dijadikan rok.  Ia bahkan bisa memberikan nuansa yang berbeda dengan rok-rok yang telah ada saat ini.

Bukan hanya cocok untuk kegiatan informal, rok batik juga sangat elegan dikenakan pada saat acara-acara formal serta pesta-pesta mewah yang akan anda hadiri.

Seperti apakah inspirasi rok model batik ini?

Trend rok batik 2018

Ngga mau kan sudah terlanjur beli kain batik yang harganya lumayan, di bawa ke tukang jahit dan memberikan model. Eh setelah jadi ternyata model rok yang kita buat modelnya sudah lewat alias out of date.

Kalau ini sampai terjadi …. wah wah…bisa-bisa rencana kita untuk tampil keren jadi gagal total.

Untuk mencegah itu terjadi kita bisa lihat, sebenarnya trend model rok batik 2018 ini apa saja siy?

  • Rok batik pecah 8

Trend rok yang saat ini sedang hits adalah rok model pecah 8.  Khususnya bagi kamu yang senang tampil anggun dengan cantik, maka model rok ini memang sangat serasi.

Model pecah 8 yang di gunakan pada kain batik yang kita miliki juga memiliki kemampuan untuk menampilkan keanggunan kita.

Apa yang menjadikan model rok pecah 8 ini istimewa?

Rok yang dijahit dengan model pecah 8 akan membuat rok lebar namun penggunaan kainnya lebih sedikit dibandingkan dengan rok lebar yang menggunakan model klok atau semi klok.

Sehingga untuk kain batik kita yang biasanya memiliki keterbatasan ukuran akan sangat menguntungkan.

Disisi lain, penggunaan model pecah 8 ini juga akan memberikan kesempatan bagi motif batik yang kita miliki untuk tampil lebih menonjol.

Untuk upaya yang satu ini akan sangat ditentukan oleh keahlian tukang potong dan penjahit yang menanganinya.  Karena bisa jadi jika tidak ditangani oleh ahlinya, maka hasilnya akan berantakan.

Kesulitan utamanya ada pada bagaimana mengupayakan gambar yang ada agar terpotong dengan baik, dan bisa tampil utuh.

Selain teknik memotong dan menjahitnya yang perlu tepat, motif batiknya sendiri perlu didesain sedemikian rupa agar nantinya ketika jadi dapat menjadi seperti sebuah rok lukisan yang memberikan motif utuh.  Tidak terpotong di bagian penting (ini sering terjadi jika motif batik yang dibeli bukan disiapkan untuk rok model ini).

Rok Batik Pecah 8
Rok Batik Pecah 8
  • Model rok batik rangrang

Rangrang di sini bukan nama semut hlo?  Tapi nama jenis batik.  Apa itu batik rangrang?

Batik rangrang ternyata adalah batik yang dibuat bukan dengan cara di batik pakai canting, tapi ini adalah batik yang hasilnya dengan proses tenun.

Jadi ya batik rangrang ini sama dengan batik tenun.

Karena proses pembuatannya sama dengan tenun, maka motif yang dihasilkannya juga akan mirip-mirip dengan motif tenun.

Rata-rata memiliki bentuk geometris yang sederhana dengan kombinasi warna yang tidak terlalu rumit pula.

Dan, batik rangrang ini juga akan bagus jika digunakan untuk membuat rok.

Rok Batik Rangrang
Rok Batik Rangrang

Anda tinggal mencari kombinasi kain dengan warna yang sesuai supaya batik motif rangrang yang anda miliki bisa dipadupadankan dengan serasi.

  • Rok batik belah samping

Kain batik ternyata cocok juga jika digunakan untuk membuat rok dengan model belah samping.

Model rok ini bagus untuk anda yang memiliki badan tinggi dan langsing.

Berikut ini model rok batik yang bisa menjadi salah satu inspirasi anda ketika akan menjahit kain batik yang telah dimiliki.

Rok Batik Belah Samping
Rok Batik Belah Samping

Sama seperti rokm model potong 8, jika anda ingin membuat rok batik belah samping perlu memperhatikan juga motif batik yang anda miliki.  Pastikan belahan yang dilakukan bisa berada pada posisi motif yang sesuai.

Padu padan kain yang cocok, jika batik anda jadikan sebagai roknya, adalah kain warna polos.  Bisa menggunakan kain brokat ataupun kain satin.

Sesuaikan juga dengan bentuk tubuh anda, supaya model atasannya bisa serasi dengan model roknya.

  • Rok batik belahan depan

Rok dengan model belahan di depan termasuk model yang sekarang sedang banyak disukai.  Adanya belahan di depan bisa memberikan akses gerak kaki yang lebih leluasa.

Model ini akan sangat membantu terutama apabila lokasi pesta jauh dari parkiran.

Dengan jarak yang cukup jauh, maka kita membutuhkan rok yang memiliki desain sesuai dengan kebutuhan kita itu.

Model rok belah samping yang ada di gambar di atas dikombinasi kan dengan motif kain brokat untuk menambah kemewahanannya.

Rok Batik Belah Depan
Rok Batik Belah Depan

Motif brokat bisa kita sesuaikan dengan kain kebaya yang akan dijadikan atasannya.

Mendapatkan motif seperti di atas bisa diperoleh dengan membeli rendanya saja, atau dengan memotong bagian tepi kain brokat yang kita miliki.

Cara yang kedua jika memungkinkan akan lebih baik karena itu bisa menghindari adanya perbedaan warna antara kombinasi dengan kebaya atasannya.

  • Rok batik untuk orang gemuk

Bukan hanya orang dengan badan langsing saja yang bisa mengenakan rok batik.  Jika anda kebetulan memiliki badan yang gemuk, masih bisa kok mengenakan rok batik dan tampil dengan cantik.

Model di bawah ini adalah salah satu contohnya.

Perhatikan bagian bawah roknya, terdapat lipatan yang memungkin kan anda untuk bisa bergerak lebih leluasa meskipun rok yang dibuat menggunakan model sepan.

Dengan model sepan ini juga akan membuat anda tampak lebih langsing.

Rok Batik Orang Gemuk
Rok Batik Orang Gemuk

Supaya matching, kombinasikan dengan kebaya atasan dengan model tanpa pinggang.  Sehingga dapat menyamarkan tubuh anda yang besar.

Sesuaikan juga warna yang dipilih, warna-warna terang dapat memberikan kesan cerah dan ceria pada wajah anda.  Jadi tidak perlu takut untuk menggunakan kombinasi warna yang lebih cerah dan ceria.

Nah, itu tadi aneka model rok batik yang dapat menjadi pilihan anda di tahun 2018 ini.  Pilih yang memang sesuai dengan acara yang akan anda hadiri.  Sesuaikan juga dengan bentuk tubuh yang anda miliki (ini salah satu kunci untuk penampilan maksimal) supaya anda dapat terlihat lebih anggun dan cantik mengenakan batik.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *