Kebaya Batik

Kebaya Batik – Kebaya adalah model baju tradisional khas Indonesia yang sejah dari jaman sebelum penjajahan menjadi pakaian masyarakat Indonesia, baik dari kalangan keluarga kraton ataupun rakyat biasa.

Mereka semua mengenakan kebaya dalam keseharian.  Bahkan yang mengubah gaya berpakaian menjadi seperti sekarang ini justru masuknya penjajah belanda yang mulai mengenalkan baju model eropa dengan celana dan roknya.

Yang membedakan pakaian para bangsawan dengan rakyat biasa, pada jaman dahulu hanyalah pada jenis kain yang digunakan beserta aksesoris pemanisnya.

Namun, meskipun kebaya sudah tidak menjadi pakaian sehari-hari (hanya dipakai di moment-moment tertentu saja), namun ternyata modelnya semakin bervariasi dan terus mengalami perkembangan.

Berencana untuk membuat kebaya batik?

Supaya tetap tampil kekinian, berarti perlu update model kebaya batik 2018.

Bagaimanakah trend kebaya batik 2018 ini?

Trend kebaya batik 2018 ini akan dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu kebaya batik wanita, kebaya batik anak, kebaya batik brokat, kebaya batik kutu baru, kebaya batik couple modern dan kebaya batik keris.

Kebaya Batik Wanita

"<yoastmark

Batik ternyata sangat cocok dijadikan kebaya.  Apabila dahulu kain batik lebih banyak dipakai untuk bawahannya saja, namun kini, ternyata menggunakan kain batik untuk atasan juga bagus dan serasi.

Seperti yang ditampilkan oleh model kebaya batik wanita di atas, terlihat bahwa batik menjadi kebaya atasan sangat indah di pandang mata.

Anda tinggal menyesuaikan kombinasi kain polosnya dengan kerudung yang akan digunakan (jika anda berjilbab).

Variasi warna polosnya bisa diaplikasikan untuk dalaman dan kombinasi di lengan.

Model di atas untuk kebaya luarnya bisa dalam bentuk lepasan (blazer) dengan menggunakan baju bagian dalam tanpa lengan.

Warna bawahannya menggunakan kain batik yang sama dengan atasannya, menjadikan perpaduan ini sangat indah dan cantik.

Kebaya Batik Anak

"<yoastmark

Siapa bilang kain batik dan kebaya tidak cocok untuk anak-anak?  Ternyata dengan model yang cocok dan kombinasi warna yang sesuai, anak-anak akan tetap terlihat lucu mengenakan kedua kain tradisional ini.

Yang perlu kita perhatikan ketika akan membuat model kebaya batik untuk anak-anak adalah :

  1. Warna batiknya

Karena anak-anak dengan keceriaannya, maka warna-warna yang variatif dari kain batik yang dikenakan akan sangat mendukung tetap lucunya ananda mengenakan batik.  Jangan sampai kita salah memilih warna yang justru akan membuat dia terlihat lebih tua.

Warna-warna yang cerah juga menjadi pilihan yang bijak dan sesuai untuk anak-anak.

  1. Model bajunya

Anak-anak secara naluri memiliki kesenangan untuk bermain dan aktif bergerak.  Untuk itu perhatikan model yang dikenakannya. Pastikan bahwa model baju anak yang dipakai adalah model yang tidak membatasi ruang geraknya.  Apabila ini yang terjadi, maka akan anak akan rewel dan tidak betah mengenakannya.

Pasti bunda juga tidak inginkan acara yang sebenarnya belum selesai jadi berantakan karena si kecil rewel.

Buat model bawahan yang lebar atau bisa juga dengan model rok celana.  Pilihan model ini akan memungkinkan si kecil untuk tepat aktif bermain dan bergerak.

Adanya ruang yang longgar juga menjadikan anak tidak merasa gerah dengan cepat.

Untuk atasannya, gunakan juga model yang mudah dipakai dan dilepas sehingga tidak menyulitkan ketika misalnya diperlukan sesi ganti pakaian di acara yang tengah dihadiri.

Kebaya Batik Brokat

Kebaya, batik, dan brokat adalah 3 jenis kain tradisional Indonesia.  Ketiganya menjadi ciri khas kekayaan budaya Indonesia.

Lantas, apakah ketiga jenis kain legendaris ini bisa berkumpul di satu model pakaian?

Mari kita lihat gambar di bawah ini

"<yoastmark

Ternyata, batik dan brokat bisa dikombinasi sehingga menjadi kain kebaya yang cantik dan elegant seperti pada gambar kebaya batik brokat di atas.

Selama kita dapat melakukan mix and match yang sesuai maka hasilnya bisa mengagumkan.

Menggunakan kain brokat untuk dikombinasikan dengan batik memang umumnya batiknya digunakan sebagai bawahan dan brokat untuk membuat atasannya.

Karena kedua kain ini biasanya memiliki motif yang ramai, agak sulit apabila harus disatukan menjadi atasan semua.

Variasi yang bisa dilakukan nantinya tinggal di model kerah, model rok/bawahan, dan lain-lain.

Kebaya Batik Kutu Baru

"<yoastmark

Kebaya model kutu baru telah lama ditinggalkan.  Namun semenjak Ibu Irianti Widodo mengenakannya, model kebaya ini menjadi trend kembali.

Nah, lantas bagaimana jika yang dijadikan kebaya ini adalah kain batik?  Apakah cocok?

Ternyata sangat cantik kan?

Kain batik juga cocok dijadikan kebaya model kutu baru.  Bahkan dapat membuat kebaya model ini terlihat lebih anggun dan ceria.

Inilah yang akan membuat dinamika model kain kebaya akan terus berkembang dan tumbuh, karena akan selalu ada model model terbaru setiap saat.

Untuk kombinasi bawahannya tinggal dicarikan warna yang sesuai dengan atasannya. Bisa menggunakan warna kain yang sama, atau mencari warna kain polos yang cocok dengan warna atasannya.

Kebaya Batik Couple Modern

Berangkat kondangan dengan pasangan?  Atau menghadiri pesta dengan pasangan?

Tentunya butuh model baju pasangan kan?

Nah, untuk menambah referensi, bisa gunakan model kebaya couple modern di bawah ini untuk inspirasi model baju  yang ingin dibuat dengan kain batik yang telah dimiliki.

"<yoastmark

Apabila ingin membuat kebaya batik couple yang matching dengan pasangan, gunakan kain yang sama untuk membuat hem batik suami dengan kebaya batik yang ingin kita buat.

Penggunaan kain yang sama ini akan memberikan nuansa serasi dan kompak.

Untuk variasi modelnya tinggal kita otak atik yang sesuai dengan kepribadian dan postur tubuh kita.

Kebaya batik keris

Batik keris termasuk batik yang telah melegenda karena memang merek ini sudah ada sejak puluhan tahun silam.

Bukan hanya karena usianya yang lama, batik keris juga telah tersebar ke banyak tempat di Indonesia bahkan hingga ke luar negeri.

Karena brand batik ini memang telah tumbuh dengan kuat selama puluhan tahun, maka model-model baju batik dan kebaya batik yang dimilikinya pun bagus dan indah-indah.

Apabila anda sedang mencari kebaya batik namun tidak sempat menjahitkannya, maka membeli kebaya batik yang sudah jadi bisa menjadi pilihan cerdas.

Tinggal pilih model dan warna yang sesuai, maka kebaya batik anda sudah siap diajak ke pesta undangan.

Seperti apa model kebaya batik keris ini?

Admin akan coba berikan 1 model yang ada.  Untuk koleksi model lainnya bisa ke website resmi batikkerisonline.co.id untuk koleksi lengkapnya.

"<yoastmark

Model dan pilihan lainnya masih banyak, jika anda mencari kebaya batik yang sudah jadi.  Sehingga bisa langsung dikenakan ke acara-acara yang sudah direncanakan.

Membeli kebaya jadi ini bisa menjadi pilihan karena memang menjahitkan sendiri kain batik seringkali memerlukan waktu yang lama.  Sehingga jika membutuhkan kebaya batik dalam waktu yang cepat bisa-bisa gagal menggunakannya gara-gara antrian di tukang jahit belum selesai.

Tapi apapun cara mendapatkan kebaya batik, sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anda, supaya semuanya dapat tetap berjalan dengan baik.  Acara yang dihadiri bisa lancar, penampilan pun tetap oke.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *