Jual Batik Banyumas

Jual Batik Banyumas
Jual Batik Banyumas

Kain Batik Banyumas 

Hasil akhir dari proses membatik adalah kain batik.  Inilah bahan baku yang nantinya akan dijadikan sebagai baju batik.

Menurut proses pembuatannya, jenis-jenis kain batik dibedakan menjadi :

  1. Kain batik tulis

Untuk penjelasan detail tentang apa itu kain batik tulis dapat langsung ke artikel kain batik tulis

  1. Kain batik cap

Penjelasan tentang apa itu batik cap dapat dibaca di artikel kain batik cap

  1. Kain batik kombinasi

Kain batik kombinasi

Batik Banyumas Sokaraja

Batik di Banyumas banyak dihasilkan oleh para pengrajin batik di dua kecamatan, yaitu kecamatan Sokaraja dan Kecamatan Banyumas.

Kedua tempat itu menurut sejarah adalah tempat dimana pengikut Pangeran Diponegoro menetap setelah melarikan diri karena kalah perang dengan Belanda.

Mereka inilah yang kemudian menyebarkan cara membatik sehingga di kedua daerah itulah banyak penduduk yang memiliki ketrampilan ini.

Di Sokaraja, desa yang memang khusus tempat berkumpulnya para pembatik adalah Desa Sokaraja Kulon.  Wilayah ini memang sejak tahun 2014 fokus untuk terus mengembangkan batik yang sempat meredup bahkan hampir mati.

Hal-hal yang menjadikan batik di sokaraja hampir mati antara lain karena :

  1. Adanya krisis ekonomi di tahun 1998 yang menjadikan kondisi perekonomian lesu, harga bahan baku mengalami kenaikan yang tinggi sehingga penjualan sepi dan biaya produksi naik
  2. Kemampuan pengelolaan usaha yang masih bersifat tradisional sehingga adanya berubahan tidak dapat diantisipasi dengan cepat
  3. Menurunnya minat generasi muda untuk belajar membatik sehingga proses membatik hanya dilakukan oleh pengrajin yang terusia lanjut

Melihat kondisi yang semakin mengkhawatirkan tersebut kemudian pemerintah daerah setempat melakukan upaya-upaya penyelamatan agar kekayaan budaya batik Banyumas tidak punah.

Melestarikan Batik Di Sokaraja

Upaya-upaya yang dilakukan untuk menghidupkan kembali batik di sokaraja adalah dengan :

  1. Mengadakan pelatihan-pelatihan manajemen bisnis bagi para pelaku bisnis batik
  2. Mengikutsertakan pembatik ke pameran-pameran di tingkat nasional dan internasional supaya akses pasarnya semakin meluas
  3. Mengenalkan pebisnis batik dengan pemasaran online
  4. Memasukkan batik dalam kurikulum di sekolah (SMP Sokaraja) untuk mengenalkan kerajinan batik kepada anak sekolah dan meningkatkan kecintaan mereka pada budaya batik
  5. Menyelenggarakan showroom bersama UKM lain agar masyarakat umum dapat dengan mudah mendapatkan batik
  6. Mewajibkan hari Kamis sebagai hari batik Banyumas, dimana pegawai negeri yang berada di lingkungan kerja Kabupaten Banyumas wajib mengenakan batik Banyumasan di hari tersebut.
  7. Serta upaya-upaya promosi lainnya

Dengan dukungan pemerintah tersebut, maka semangat membatik dan mengembangkan batik banyumasan pun semakin meningkat di kalangan pengrajin batik.

Bahkan saat ini berbagai motif baru batik Banyumasan terus dikembangkan untuk memperkaya desain-desain yang telah ada.

Upaya – upaya tersebut tentu saja perlu dilakukan supaya batik tidak hanya digemari oleh orang tua, tapi juga generasi muda dan anak-anak.

Apalagi saat ini berbagai model dan desain baju batik telah banyak dibuat sehingga batik pun mengalami perkembangan evolusi desain.

Masuknnya desainer-desainer muda ke kain batik ini sangat membanggakan.  Dan ini membuktikan bahwa batikpun bisa menjadi pakaian kekinian yang keren dan modis.

Rumah Batik Banyumas

Mendapatkan batik Banyumasan saat ini tidaklah sulit.  Jika kebetulan ada sedang dalam perjalanan ke Banyumas dan sekitarnya maka anda dapat menuju rumah-rumah batik yang ada di daerah Sokaraja ataupun di Purwokerto. Di situ kami jual batik banyumas dengan kualitas yang tinggi. Kini di Purwokerto pun telah banyak bermunculan gerai-gerai batik Banyumasan.

Alamat rumah Batik Banyumasan :

Rumah Batik Anto Djamil :

Jl. Letjend Suprapto, Dusun II, Sokaraja Wetan, Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53181

Kain Batik Banyumas Online

Apabila anda tinggal di luar kota Purwokerto dan Banyumas, namun ingin mendapatkan kain batik Banyumasan, maka anda dapat menghubungi kami untuk mendapatkan kain batik banyumas secara online.

Kami akan mengirimkan kain batik banyumasan yang anda inginkan langsung ke rumah anda.  Motif batik yang tersedia dapat anda cek di koleksi batik banyumasan kami.

Pemesanannya nanti tinggal menghubungi kami di WA : 089.685.026.026

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *