Corak Batik

Apa siy sebenarnya yang membuat batik itu unik?

Jawabannya adalah ada pada corak dan motifnya.  Sebetulnya apa itu corak batik?  Dan apa artinya?

Akan dijelaskan pada tulisan di bawah ini.

Corak Batik Dan Artinya

Corak batik adalah gambar yang terdapat di dalam selembar kain batik.  Corak tersebut di gambar menggunakan pola untuk kemudian diwarnai dengan aneka teknik membatik.

Bukan hanya itu saja, hasil akhir corak sebuah batik ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :

  1. Gambar pola batik

Gambar batik dibuat oleh seorang desainer batik.  Seorang desainer batik membuat gambar yang diinginkan dalam sebuah pola yang kemudian pola tersebut digambar ulang dalam sebuah kain yang nantinya akan di batik menggunakan pensil.

Setelah kain yang akan dibatik tersebut memiliki pola maka langkah selanjutnya adalah tinggal dibawa ke pembatik yang nantinya akan mengisi pola tersebut dengan malam menggunakan canting.

  1. Teknik membatik pengrajin

khususnya untuk batik tulis, masing-masing pengrajin batik memiliki kekhasan dalam menuangkan malam melalui canting yang dipegangnya.  Bagaimana pengrajin menggoreskan canting, memberikan tekanan pada gambar akan sangat menentukan hasil akhir batik nantinya.

Itu sebabnya batik tulis tidak dapat ditiru oleh orang lain, karena memang gaya masing-masing pembatik akan berbeda-beda.  Sesuai dengan style yang dimilikinya.

Itu sebabnya batik tulis  juga disebut sebagai hasil karya seni.

  1. Pewarnaan batik

tahap ketiga yang dilalui oleh selembar kain batik sebelum menjadi kain batik yang siap dibuat pakaian adalah pewarnaan.

Proses pewarnaan yang mempengaruhi hasil akhir batik adalah jenis pewarnaan yang diberikan, warna yang diberikan, lamanya waktu mencelup serta proses pengeringannya.  Semua akan memberikan pengaruh yang berbeda di masing-masing tahapan.

Yang menariknya lagi adalah, perbedaan itulah yang justru akan membuat batik menjadi sebuah karya seni yang unik dan memiliki nilai tinggi.

Arti corak batik

Untuk mendapatkan inspirasi gambar, seorang desainer seringkali melakukan proses mengamati lingkungan sekitarnya.  Beserta budaya dan kebiasaan yang ada di masyarakatnya.  Dari sinilah maka batik sebagai sebuah hasil karya seni menunjukkan karakter lokal sesuai dengan wilayahnya.

Kemudian, dapatkah dibayangkan, jika Indonesia adalah negeri yang memiliki ribuan suku bangsa dengan budayanya yang berbeda-beda?

Tentu saja variasi dari karya batik yang dihasilkan pun akan berjumlah luar biasa banyak.  Dan masing-masng memiliki keunikannya sendiri-sendiri.

Tentu saja bukan hanya desainnya yang unik, namun juga di tahapan dan proses lanjutannya yang kemudian akan menentukan variasi-variasi dalam kain batik yang ada di Indonesia.

Secara singkat kemudian dapatlah dikatakan bahwa arti dari corak batik yang ada dalam sebuah kain batik adalah sebuah cerminan budaya dari masyarakat pembatik itu sendiri.

Nama Corak Batik

Corak batik adalah gambar yang ada di dalam selembar kain batik.  Ada begitu banyak batik yang diproduksi oleh para pengrajin di seluruh Indonesia.  Namun ada beberapa corak yang memang memiliki ketenaran lebih diantara yang lainnya.  Beberapa corak yang terkenal diantaranya adalah :

  1. Corak daun talas

Corak daun talas termasuk corak yang banyak digunakan oleh pembatik-pembatik di daerah-daerah di Jawa.  Corak ini sering dipakai karena memang memiliki keunikan serta sederhana.  Sehingga banyak konsumen yang menyukai.  Karena itu sering di reproduksi

  1. Corak burung merak

Burung merak sering di artikan sebagai simbol kemewahan dan kekayaan.  Motif ini cocok untuk kolektor batik yang memang ingin menggunakan batik sebagai salah satu simbol kemakmurannya.

  1. Corak burung garuda

Burung garuda memiliki makna besar, dapat terbang tinggi serta berkuasa.  Dengan makna yang dalam seperti itu, membuat burung garuda cocok dijadikan sebagai motif batik.  Dan memang banyak yang menggunakan motif itu untuk dijadikan sebagai corak batik yang dibuatnya.

  1. Corak kupu-kupu

Kupu-kupu sebagai sebuah corak dalam kain batik memberikan arti tentang kasih sayang dan kesetiaan.  Corak ini cocok untuk model batik couple.

  1. Corak bambu

Corak batik menggunakan bambu sebagai inspirasi banyak dibuat oleh pengrajin batik dari Magetan.  Disana batik itu terkenal dengan nama batik Pring Sedapur.   Kenapa menggunakan bambu sebagai corak batiknya?

Menurut penduduk sekitar corak itu digunakan karena memang desa tempat tinggal mereka banyak ditemukan pohon bambu.  Selain itu, nama desa para pengrajin batiknya sendiri bernama desa Papringan.

  1. Corak geometris

Corak geometris bisa jadi menjadi corak batik yang usianya paling tua.  Bentuknya sendiri berbeda-beda, ada yang seperti lingkaran, seperti kotak, garis, atau bentuk segitiga.  Corak geometris di masing-masing bentuk tersebut filosofinya berbeda-beda.

  1. Corak awan

Corak awan atau pemandangan yang paling terkenal ada pada batik mega mendung cirebon.  Batik ini menggunakan awan sebagai gambar yang ada dalam aneka model batik yang dimilikinya.  Adanya awan sebagai inspirasi gambar menunjukkan bahwa lingkungan atau alam sekitar adalah inspirasi yang luar biasa bagi seniman di bidang batik ini.

Corak batik celup

Batik celup barangkali akan memberikan nuansa corak yang berbeda.  Cara membuat batik celup ini  juga berbeda dengan cara membuat batik biasa karena tidak melibatkan  canting dan malam.

Corak yang didapatkan pada batik celup berasal dari teknik mengikat kain sebelum dicelup, dan warna pewarna yang digunakan.

Terdapat beberapa corak batik celup yang umumnya dipakai oleh para produsen.  Diantaranya adalah :

  1. Pola spiral

    Pola Spiral
    Pola Spiral

     

  2. Pola tidak beraturan atau abstrak

    Pola Tidak Beraturan
    Pola Tidak Beraturan

     

  3. Pola mawar

    Pola Mawar
    Pola Mawar

     

  4. Pola garis-garis

Corak batik lukisan

Batik lukisan adalah batik yang dibuat dengan melukis langsung di kain.  Coraknya bisa bermacam-macam sesuai dengan selera.  Pilihannya bisa menggunakan corak flora (tanaman) dan fauna (binatang).  Bentuknya juga bisa disesuaikan dengan keinginan seniman atau pengrajinnya.

Corak batik tulis

Corak dari batik tulis bisa sangat banyak.  Akan tetapi secara garis besar bisa menggunakan corak-corak umum yang ada pada batik seperti telah dijelasnya di nama corak batik di atas.

Corak batik tenun

Batik tenun dibuat dengan proses tenun yang menghasilkan kain dengan corak yang unik.  Beberapa corak dari batik tenun yang ada antara lain adalah :

  1. corak batik tenun ikat piramida merah
  2. corak batik tenun ikat rangrang
  3. corak batik tenun motif ayam hitam
  4. corak batik tenun toraja
  5. corak batik lurik
  6. corak batik gedog
  7. corak batik togog bali
  8. corak sasombo lombok

Corak batik nusantara

Yang disebut dengan corak dari batik nusantara adalah corak yang dimiliki oleh berbagai daerah di Indonesia.  Masing-masing memiliki kekhasan sendiri-sendiri dan dapat dikatakan sebagai kekayaan budaya bangsa.

Corak batik cirebon

Cirebon terkenal memiliki corak yang khas dan unik.  Diantaranya yang telah banyak dikenal orang adalah :

  1. corak alam dengan motif mega mendungnya
  2. corak fiksi dengan motif paksi naga liman
  3. corak geometri dengan motif sawat pengantinnya
  4. corak manusia dan binatang dengan motif kompeni
  5. corak fauna dengan motif batik pecutan.

Corak batik kalimantan

Tidak kalah dengan pulau jawa, kalimantan pun memiliki corak batiknya yang juga cantik.  Pada umumnya corak  di Kalimantan menggambarkan sungai yang memang menjadi salah satu keunggulan geografis wilayah ini.

Karena masyarakatnya dekat dengan sungai, maka tidak heran apabila corak batiknya pun terinspirasi darinya.

Jenis Jenis lain corak batik :

1. Corak Batik Parang

Motif Batik semacam ini sudah dikenal sejak Mataram kuno. Motif batik semacam ini memiliki nilai filosofi tinggi dan pesan agar kita tidak pernah menyerah layaknya ombak yang bergulung dilautan, segala macam rintangan dapat diterjang dan tidak pernah berhenti bergerak. Batik parangpun juga menggambarkan mengenai jalinan kekeluargaan yang tidak pernah putus, baik dalam arti upaya untuk memperbaiki diri, upaya untuk mensejahterakan masyarakat, maupun hubungan hubungan sosial lainya.

2. Corak batik Geometri

Adalah corak atau motif batik yang didalamnya mengandung motif-motif dan ornamen seperti bentuk geometri, atau susunan-susunanya merupakan bentuk geometris. Ciri khas dari corak atau motif batik ini adalah susunanya mudah dibagi-bagi menjadi bagian yang satu atau biasa disebut “raport”. Contoh motif bati ini adalah Gambar saketi, limaran, Sriwedar, dan Tirtareja.

3. Motif dan Corak Batik Banji

Motif ini memiliki makna keteraturan dalam kehidupan atau kunci perhiasan yang tertutup rapat. Contoh : Banji Bengkok.

4. Motif dan Corak Batik Tumbuhan yang menjalar

Motif ini memiliki makna atau filosofi tentang kesinambungan antara kehidupan manusia dan alam sekitarnya, yang memiliki hubungan yang indah dan harmonis. Contoh Motif : Cokrak-Cakrik, Luwung Klewer, Semen Yogya.

5. Motif dan Corak Batik Tumbuh-tumbuhan air

Seperti namanya motif ini menggambarkan tentang hubungan manusia dan tumbuhan air dan peran tumbuhan air dalam kehidupan manusia. Contoh motif dan corak : Ganggong, Ganggong sari.

6. Motif dan Corak Batik Bunga

Motif Bunga selalu diidenntikan dengan keindahan, kelemah lembutan, dan secara sederhana diartikan sebagai keindahan,kecantikan, dan kebahagiaan yang selalu ada. Motif yang sederhana seperti dedaunan dapat diartikan sebagai wahyu dari Tuhan untuk menggapai suatu cita-cita yang sudah diimpikan. Seperti kenaikan pangkat, kehidupan yang lebih baik,dan rejeki yang selalu ada dan berlimpah. Dan untuk simbol-simbol lain dan motif-motif lain yang lebih rumit bisa berarti makna yang lebih mendalam lagi.

7. Corak dan Motif Batik Satwa dalam kehidupanya

Ragam hias fauna merupakan bentuk gambar motif yang diambil dari dari fauna atau satwa tertentu. Hewan pada umumnya telah mengalami perubahan bentuk atau gaya dalam kehidupanya masing-masing. Dalam motif batik figur-figur binatang yang ada, memiliki makna yang berbeda beda seperti misalnya figur burung yang diidentikan dengan kebebasan, figur gajah yang berarti memiliki kekuatan atau kekuasaan yang besar. beberapa hewan yang biasa dipakai sebagai obek ragam hias untuk corak batik adalah seperti kupu-kupu,gajah,burung,kadal, dan ikan. Ragam macam corak batik telah mengalami deformasi. Namun bagaimanapun deformasinya tidak akan meninggalkan bentuk aslinya dan sifat yang terkandung didalamnya. Contoh Motif dan Corak batik : Gringsing, dan Sidomukti. 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satu pemikiran di “Corak Batik”