cara membuat baju batik

Cara Membuat Baju Batik

 

Cara Membuat Baju Batik – Batik merupakan kain khas indonesia yang cara pembuatanya dilukis dan dibuat menggunakan kain mori. Menurut Ensiklopedia batik adalah kain bergambar yang pembuatanya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam atau lilin pada kain mori itu. Kata batik berasal dari kata amba dan tik yang berarti menulis titik.

Walaupun yang dimaksud secara definisi adalah bati tulis yang menggunakan canting, namun metode pembuatan batik sendiri ada beberapa seperti acp, cetak, dan printing. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara pembuatan pola baju batik modern dan cara membuat baju batik modern yang lagi ngetrend zaman now. Langsung saja ke bagaimana cara pembuatan pola baju batik.

Tahap Pembuatan Baju Batik

Tahap pertama, yaitu pengkethelan batik yaitu proses dimana kain mori direbus selama berhari hari dengan berbagai macam tumbuhan, dan hasilnya dinamakan kain primisima. Nah cara selanjutnya adalah menyorek atau menggambar batik tapi hanya dalam bentuk sketsanya, caranya menggunakan sebuah pensil agar bisa dihapus, gambarnya tidak diisi penuh atau diwarnai karena pada tahap ini hanya menambahkan gambar dasarnya saja tanpa warna/ garis tepinya saja.

Tahap ketiga, pada tahap ini merupakan cara membuat pola baju batik menggunakan canting atau yang biasa disebut nyanting. Ini merupakan proses menambahkan warna pada pola baju batik yang telah dibuat menggunakan pensil tadi atau biasa disebut proses pewarnaan juga.  Tahap selanjutnya merupakan tahap Nembok atau pewarnaan juga tapi pewarnaan kali ini lebih luas makanya biasanya digunakan canting yang lebih lebar lubangnya agar proses bisa lebih cepat selesai.

Setelah kain diwarnai menggunakan canting dan nembok tahap yang selanjutnya adalah nyelup atau Medel. Proses ini merupakan proses pewarnaan juga tapi pada proses ini pewarnaan dilakukan pada warna dasar kain batik tersebut. Karena setiap daerah memilik proses pencelupan tersendiri, maka pada proses ini tidak selalu sama setiap daerahnya. Proses selanjunya adalah ngerok/Nglorod merupakan sebuah proses untuk meluruhkan lilin dari kain mori. Caranya adalah dengan merebus kain batik di air yang mendidih.

Tahap selanjutnya adalah tahap yang sama seperti tahap diatas yaitu Nembok, Nyelup,dan nglorod lagi, hal ini dilakukan agar kualitas pola baju batik modern bisa terjamin.

Ada berbagai macam jenis baju batik yang bisa kita temui seperti contohnya :

Batik Tulis

Merupakan batik dengan nilai seni paling tinggi diantara batik lainya karena batik ini dibuat menggunakan 100% handmade atau tidak menggunakan mesin sama sekali, bahkan bila ada motif yang berulang maka motif tersebut digambar berulang ulang menggunakan tangan, sehingga memerlukan konsentrasi yang tinggi untuk membuatnya rapi. Untuk masalah harga batik ini bisa dikatakan paling tinggi diantara yang lainya yaitu yang paling murah adalah IDR 600.000 dan yang paling mahal bisa mencapai ratusan juta.

Batik Cap

Cara pembuatan baju batik modern kali ini menggunakan cara di cap, dan proses pengerjaanya bisa lebih cepat dibandingkan menggunakan manual atau ditulis manual dan untuk hharganya berada dibawah harga batik tulis tapi masi tetap tinggi yaitu yang paling murah adalaha IDR 300.000.

 

Batik Cetak Sablon

Batik ini kualitasnya dibawah batik tulis dan batik cap, perlu diketahui bahwa batik cetak berbeda dengan batik printing, karena pada cara membuat baju batik ini masih menggunakan tenaga manusia. Bukan mesin, namun banyak orang suka bingung dan menganggap bahwa cara membuat baju batik cetak sablon dan printing itu sama saja. Cara pembuatan baju batik yang satu ini merupakan salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh para produsen batik besar di indonesia saat ini dikarenakan bisa membuat baju batik dalam waktu yang singkat serta banyak jumlahnya.

Batik Printing

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas cara membuat baju batik print ini berbeda dengan cara membuat bau batik cetak sablon. Baju batik ini  tidak membutuhkan manusia dalam pegerjaaya karena dibuat sepenuhnya menggunakan mesin print. Banyak kontroversi yang beredar di masyarakat mengenai cara mebuat baju batik yang satu ini. Karena dianggap menghilangkan nilai estetika yang dikandung oleh bati itu sendiri. Oleh karena itu batik print biasa disebut dengan batik imitasi atau bukan orisinil.

Batik Lukis

Batik Lukis merupakan salah satu batik dengan cara membuat baju batik paling sulit dibandingkan cara cara diatas bahkan dapat lebih sulit dibandingkan cara membuat baju batik tulis. Tetapi batik yag satu ini sangat jarang sekali ditemukan. Dan biasanya hanya dibuat untuk karya seni saja. Oleh karena itu batik yang satu ini juga di patok dengan harga yang fantastis dan WOW, anda ingin tahu harganya? Ya harganya berkisar antara IDR 1.000.000 – 2.000.000 per meternya. Untuk pola dan motifnya tersendiri berbeda beda karena dibuat sesuai dengan mood dan gaya melukis si Pelukis batik.

Batik Di Indonesia

Di Indonesia baju batik biasanya digunakan untuk menghadiri acara acara tertentu seperti pernikahan,resepsi dan acara acara besar lainya. Baju batik modern zaman sekarang tidak hanya digunakan untuk kaum adam saja tapi. Pada trend yang sekarang bau batik juga digunakan untuk kaum hawa juga lho. Untuk cara pembuatan baju batik wanita juga tidak berbeda dengan pembuatan baju batik biasa.  Adapula manfaat mengenakan baju batik, seperti akan dihargai banyak orang karena dianggap berwibawa, dan meningkatkan kepercayaan diri anda. Dan membuktikan anda bahwa anda cinta akan budaya tanah air.

Nah itu merupakan cara membuat baju batik di Indonesia, jika anda tertarik dan ingin membelinya sekarang. Batik di indonesia sudah menjamur dan bisa ditemukan di toko baju dan toko khusus batik yang ada di kota anda. Salah satu toko batik yang ada di Sokaraja, Jawa tengah, Indonesia adalah toko batik Anto Djamil. Rumah batik Anto Djamil merupakan pelopor rumah batik khas Banyumas. Dengan corak nusantara yang menggunakan bahan berkualitas dan proses pembuatan yang sangat rapi dan teliti.

Rumah Batik anto Djamil menyediakan berbagai macam batik. Mulai dari batik wanita dan batik pria yang tentunya dengan kualitas nomor satu. Diantara toko batik yang ada di Banyumas dan sekitarnya.  Kami juga menyediakan berbagai macam batik anak – anak. Dari batik anak anak perempuan maupun batik anak anak laki laki yang pastinya akan membuat anda puas.

Banyak macam dan pilihan batik yang ada di Rumah Batik Anto Djamil ini. Mulai dari batik Banyumas, Batik Gumelem, Batik Jogja dan ada berbagai macam batik lainya. Anda bisa langsung datang ke toko Anto Djamil di Jl. Dewa Kusuma, RT  03, RW 01 Sokaraja ataupun bisa pesan online seperti di Tokopedia dan di Instagram. Untuk pemesanan bisa kunjungi Website Kami

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *