Blus Batik

Blus BatikBatik telah menjadi warisan budaya Indonesia yang telah di akui dunia.  Sebelumnya, pakaian yang dibuat dengan menggunakan kain batik hanyalah pakaian yang digunakan untuk menghadiri pesta pernikahan.  Sehingga sering disebuk baju kondangan.

Namun, di masa presiden Susilo Bambang Yudhoyono, batik diangkat pamornya dan dijadikan sebagai sebuah motif kain yang menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

Cara yang beliau lakukan adalah dengan sering menggunakan kemeja batik untuk acara-acara resmi kenegaraan, menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik, serta mewajibkan aparatur negara untuk mengenakan baju batik pada hari tertentu, sebagai pakaian kerja.

Mulai saat itulah, batik sebagai pakaian kerja mulai banyak dikenakan.  Tidak hanya di aparatur negara saja, tapi juga di karyawan-karyawan swasta lainnya.

Jika anda adalah salah satu yang sering mengenakan baju batik untuk berbagai keperluan, maka model-model baju batik yang bervariasi akan sangat membantu anda dalam menentukan jenis-jenis baju batik yang akan dibuat atau dibeli.

Salah satu atasa favorit wanita adalah blus.  Ternyata blus juga bisa dibuat dari kain batik.  Bahkan modelnya semakin hari semakin bervariatif.

Apa saja model blus batik wanita yang ada dan kekinian?

Terus simak tulisan ini ya…:).

Model Blus Batik

Jika anda adalah pengguna kain batik, sudah tahukah apa itu blus?

Blus adalah atasan yang modelnya longgar dengan panjang baju sebatas pinggang.  Blus bisa dibuat dari berbagai macam kain, salah satunya adalah kain batik.

Blus batik modelnya sangat bervariasi, jadi anda tinggal memilih model mana yang akan digunakan.  Berikut ini inspirasinya,

Blus Batik Modern

Jika dahulu kain baju batik indentik dikenakan oleh orang tua, saat ini justru yang terjadi sebaliknya.  Dengan banyaknya model-model blus batik modern, menjadikan anak-anak muda juga banyak yang menggunakannya.

Bagaimana siy model blus batik yang modern itu?

Model blus seperti gambar di atas termasuk yang banyak disukai.  Model asimetris dengan variasi ikat pinggang menjadikan pemakainya tampil casual namun tetap trendi.

Blus Batik Modern
Blus Batik Modern

Apalagi dengan kombinasi celana jeans, blus model tersebut di atas sangat cocok dikenakan untuk kegiatan-kegiatan nongkrong dan berkumpul dengan teman-teman.

Blus Batik Remaja

Remaja masa kini sudah banyak yang menggunakan batik di aktifitas-aktifitasnya.  Jika anda sedang mencari model blus batik remaja yang kekinian, maka model dibawah ini akan bisa menjadi informasi tambahan yang berguna.

Blus Batik Remaja
Blus Batik Remaja

Blus dengan model potong 3 tersebut di atas adalah salah satu contoh model blus remaja yang enak dikenakan saat beraktifitas.

Karena longgar, maka aktifitas padat yang dilakukan akan tetap nyaman disertai blus model ini.

Model ini juga cocok jika dipakai oleh anda yang memiliki badan agak gemuk.  Model longgarnya akan memberikan rasa nyaman, termasuk setelah selesai makan besar.

Bukan hanya cocok untuk kegiatan lapangan, blus model di atas masih bisa dikenakan di acara ang sedikit formal, seperti pada pertemuan bisnis atau pekerjaan.  Tinggal bawahannya saja yang disesuaikan.

Tentu saja anda tidak bisa mengenakan celana jeans supaya masih bisa tetap sesuai.  Kenakan rok atau celana kain untuk acara-acara yang lebih formal.

Baca Juga : Gamis Batik

Blus Batik Kombinasi

Batik kombinasi adalah batik yang dibuat dari kombinasi batik tulis dan batik cap.  Perpaduan ini dilakukan untuk membuat motif batik yang unik.

Blus Batik Kombinasi
Blus Batik Kombinasi

Batik cap dilakukan untuk motif-motif yang berulang dengan gambar kecil-kecil.  Sedangkan batik tulisnya dibuat pada gambar yang memang hanya bisa dibuat menggunakan tangan atau secara manual.

Kain batik kombinasi juga akan sangat sesuai jika dijadikan sebagai bahan baku blus model kombinasi.

Blus batik kombinasi seperti yang ada di gambar di atas memberikan nuansa santai namun tetap berkelas.

Model lengannya yang lebar cocok dikenakan di acara-acara outdoor yang memang biasanya cuacanya panas.

Meskipun terlihat santai, namun anda bisa tetap tampil menawan dengan blus model ini.

Jika diperhatikan,  motif 2 kain batik di atas sebenarnya adalah 2 motif yang berbeda.  Motif batik atasannya adalah motif geometris dengan ukuran gambar sedang.  Sedangkan motif batik bawahannya adalah motif batik flora yang ukuran gambarnya besar.

Keduanya berbeda,  dengan kemampuan padu pada yang baik perbedaan itu justru memberikan kesan yang serasi dan matching.

Blus Batik Kerja

Sering berangkat kerja mengenakan baju batik?  Jika iya, pilihan model blus batik untuk kerja juga oke punya.

Seperti blus kerja model di atas, sangat cocok untuk anda yang dalam aktifitas bekerja melakukan banyak aktifitas gerak.

Blus Batik Kerja
Blus Batik Kerja

Modelnya longgar, sehingga keringat yang keluar dari aktifitas fisik bisa menguap ke udara dengan cepat.  Kondisi bebas keringat ini tentu saja dapat membuat kita akan lebih nyaman melanjutkan aktifitas.

Utamanya untuk anda yang ruang kerjanya tidak menggunakna AC, maka pilihan model baju ini cocok sekali.

Untuk model alternatif kami sampaikan model kedua di atas.  Model dengan kancing di depan bisa menjadi pilihan untuk anda yang kesulitan dengan blus dengan kancing di belakang.

Model kancing di depan itu juga cocok untuk ibu menyusui yang seringkali perlu melakukan aktifitas menyiapkan asi untuk sang buah hati.  Biasanya di dunia jualan onlien dikenal dengan istilah busui friendly.

Blus Batik
Blus Batik

Kombinasi kain  yang digunakan untuk variasi didepan bisa menggunakan warna polos yang sesuai, atau menggunakan tumpal kain batik yang biasanya ada di ujung potongan kain batik.

Untuk itu anda bisa berkonsultasi dengan penjahit yang anda datangi untuk menjahit kain batik anda.

Baca Juga : Model Baju Batik Kerja

Merawat Blus Batik

Memiliki blus batik yang dijahit sendiri menggunakan kain batik motif kesayangan adalah sebuah kebanggaan tersendiri.  Banyak juga yang melakukannya karena hobby mengkoleksi aneka motif batik yang unik dan berbeda.

Jika anda termasuk golongan hobiis ini, maka merawat blus batik yang dimiliki akan menjadi sebuah keharusan supaya  awet.

Beberapa tips singkat merawat batik antara lain :

  1. Cuci batik dengan cara manual, bukan dengan mesin cuci.
  2. Gunakan samphoo sebagai penghilang nodanya, bukan detergent yang biasanya bisa memudarkan warna batik
  3. Jemur dengan cara di angin-anginkan saja. Sinar matahari yang terlalu kuat juga dapat menjadikan warna dari blus batik cepat pudar
  4. Pisahkan batik yang akan dicuci dengan pakaian lain, terutama yang berwarna putih supaya tidak merusak warna pakaian yang berwarna putih tersebut.

Nah sekarang, sudah lengkap kan.  Anda bisa memiliki blus batik sekaligus menjaganya supaya tetap awet, warnanya tidak pudar dan yang jelas bisa anda jadikan teman untuk mengunjungi acara-acara yang akan anda hadiri baik acara harian rutin, atau acara bertemu dengan teman dan saudara.

Bisa juga untuk acara santai atau formal.  Dan yang penting membuat kita tetap tampil kekinian serta up to date. Sembari tetap menjaga budaya unggul kebanggaan negeri kita.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *