Batik Tuban

Batik TubanIndonesia adalah negara yang akan keberagaman budaya dari sabang sampai merauke. Salah satu warisan budaya indonesia adalah batik. Siapakah yang tidak tau batik? Orang-orang Indonesia tentu tau batik dan pasti mempunyai batik. Baik itu baju, celana, rok dan lain-lain pasti dimiliki oleh orang Indonesia. Batik adalah kain bergambar yang cara pembuatannya dengan menerakan malam pada kain dan di olah secara khusus. Batik merupakan salah satu warisan negara Indonesia khususnya jawa yang ada sejak zaman kerajaan majapahit. Teknik pembuatan batik juga bermacam-macam seperti teknik cap, teknik celup ikat, teknik tulis dan teknik printing. Batik tidak hanya dikenal di indonesia saja, tetapi sudah ke seluruh dunia. Pada setiap negara yang memproduksi batik pasti mempunyai ciri-ciri batik tersendiri.

Batik Tuban
Batik Tuban

Batik Tuban Yang Terkenal

Tuban merupakan salah satu wilayah di bagian Jawa Timur yang memiliki satu corak kebudayaan yang unik. Batik yang ada pada Tuban juga terkenal-terkenal seperti batik Gedog. Asal nama Gedog berasal dari bunyi dog dog dog dari bunyi kain tenun yang digunakan untuk membuat kain yang digunakan. Batik tuban juga tidak hanya gedog saja tetapi bermacam-macam motif seperti Batik tuban etnik. Namannya juga batik tuban etnik jadi batik tuban etnik adalah batik yang dominan dengan daun, buah, hewan dan motif klasik kawung atau parang. Batik etnik juga bisa dikombinasikan dengan motif segitiga, bulatan juga kombinasi  bentuk alam seperti daun dan ombak.


Batik Tuban HM Soleh

Di daerah Jawa Timur memang tidak hanya 1 daerah saja yang memproduksi batik, tetapi banyak. Salah satu toko batik tuban yang terkenal adalah HM Soleh. Di HM Soleh terkenal karena keunikannya yang menggunakan bahan kain tenun. Sebagai salah satu market batik gedog yang terkenal di tuban HM Soleh tentu selalu up to date dengan batik yang di produksi. Kemasan yang digunakan selain untuk menjaga dari kotor atau kerusakan pada batik juga sebagai tanda jika membeli batik HM Soleh memiliki kualitas premium.

Batik Tuban dan Penjelasannya

Batik asal tuban adalah batik yang mempunyai ciri khas motif daun, ombak, dan karang. Batik dari tuban yang terkenal adalah batok Gedog. Meski batik gedog terkenal tetapi setiap daerah di tuban memiliki batik sendiri juga. Pembuatan batik di tuban bahan kainnya dipintal langsung dari kapas. Batik tulis tenun yang ada di Tuban terbagi menjadi dua model yaitu kain berukuran dua meter dan selendang. adapun jenis-jenis batik tuban yang banyak orang tau seperti :

  1. Batik gedog
  2. Batik karang, sesuai dengan namanya batik karang ini di produksi di desa karang. Ciri khas dari batik karang ini memiliki warna yang cerah.
  3. Batik palangan, batik palangan ini berkembang di daerah palang sampai lamongan. Keunggulan batik palangan ini yaitu pada proses pembuatannya yang sampai 2 bulan dan penuh dengan ketelitian karena di dominasi dengan motif biji-bijian.

Batik Tuban Terbaru

Seiring dengan zaman yang semakin berkembang, tidak hanya teknologi saja yang berkembang. Sekarang batik asal tuban juga ada yang terbaru dengan warna tidak hanya yang cerah tetapi juga ada yang berwarna hitam dan coklat.

Nah itulah tadi beberapa informasi tentang batik dari tuban. Semoga kita bisa menjadi warga negara indonesia yang tetap cinta tanah air dan mencintai warisan budaya dari nenek moyang kita. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *