Batik Sogan

Batik Sogan

Batik Sogan Batik ini merupakan batik yang belum terkenal di indonesia, namun memiliki corak dan motif yang bagus. Ingin tahu tentang batik motif sogan, mari simak pembahasannya berikut ini.

"<yoastmark

Batik Sogan Solo

Dalam perkembangan batik di Indonesia memiliki berbagai macam motif. Biasanya motif yang dihasilkan bergantung pada ciri khas dan kekayaan yang terdapat di setiap daerah, salah satunya yaitu batik sogan. Batik sogan ini sudah ada sejak zaman nenek moyang orang Jawa beberapa abad yang lalu.

Batik sogan memiliki motif yang khas seperti bunga yang dipadukan dengan aksen titik-titik atau lengkungan garis. Batik sogan solo ini didominasi oleh warna coklat muda. Pada zaman dulu batik sogan ini dipakai oleh raja-raja di Jawa khususnya keraton kesultanan Solo. Namun dengan perkembangan zaman, sekarang batik sogan dapat digunakan oleh siapapun baik dari warga keraton maupun orang biasa.

Batik Sogan Jogja

Batik sogan merupakan batik yang identic dengan keraton Jawa yaitu Yogyakarta dan Solo. Batik sogan Jogja didominasi oleh warna coklat tua kehitaman serta putih. Berbeda dengan batik sogan Solo yang didominasi oleh warna coklat oranye dan coklat. Biasanya untuk motif sogan ini mengikuti pakem motif-motif klasik keraton.

Ciri khas dari batik sogan Jogja yaitu memiliki tampilan corak warna dasar putih yang mencolok. Memiliki pola geometri dengan ukuran yang besar-besar dan lebar, serta diperkaya dengan parang dan nitik. Sehingga akan membuat siapapn yang memakainya terlihat lebih elegan dan eksklusif.

Warna dari batik sogan dikenal dengan warna yang kalem, warna hangat, warna bumi, warna semburat sinar matahari di pagi hari serta warna kuning keemasan. Batik sogan memiliki motif yang paling popular diantaranya yaitu motif truntum, parang, kawung, lintang trenggono dan wahyu tumurun. Sampai saat ini batik sogan ini banyak diminati oleh masyarakat.

Batik Sogan Sarimbit

Jika bicara tentang batik sogan sarimbit pasti tidak asing lagi untuk kita. Saat ini batik sarimbit sedang ngetren atau popular di kalangan pasangan muda baik yang sudah menikah maupun belum menikah. Dengan menggunakan batik sogan sarimbit penampilan anda akan terlihat lebih anggun dan serasi bersama pasangan.

Biasanya batik sogan sarimbit memiliki kesamaann dari segi corak ataupun warna. Untuk warna batik sogan sendiri lebih dominan pada warna-warna yang gelap dan gelap seperti emas dan hitam. Pada awalnya batik soga ini terbuat dari warna alami yaitu pohon soga, sehingga kain batik ini dinamakan batik soga.

Batik sogan memiliki peminat tersendiri dan langgeng di pasaran karena mencerminkan budaya yang ada di Indonesia terutama budaya Jawa. Oleh sebab itu, para desainer tanah air memunculkan model baju sarimbit modern dengan motif batik yang mengikuti standar buku atau pakem motif Keraton.

Batik Sogan Klasik

Motif batik ini merupakan batik yang identik dengan keraton Jawa yaitu Yogyakarta dan Solo yang disebut sebagai batik motif sogan klasik. Warna dari batik sogan ini terdiri dari warna-warna yang kalem, warna bumi, warna semburat sinar matahari pagi, warna kuning keemasan .

Biasanya motif yang digunakan untuk membuat kain batik ini sesuai dengan buku atau pakem motif klasik keraton. Ternyata warna klasik batik sogan memiliki makna tersendiri. Dijelaskan dalam Serat Wirid Hidayat Jati bahwa warna kuning keemasan merupakan bagian dari symbol keraton bangsa burung, bangsa makhluk penerbang, warna lokus dari perjalanan rohani setelah tersingkapnya alam siriyah.

Menurut Serat Wirid Hidayat Jati dalam pakem batik motif sogan terdapat lima warna penting sebagai symbol nafsu manusia. Kelima warna tersebut yaitu warna hitam, warna merah, warna kuning, warna putih serta warna hijau. Warna hitam disebutkan sebagai symbol nafsu lawwamah atau keduniawian. Warna merah sebagai symbol nafsu amarah, warna kuning sebagai symbol nafsu sufiyah, putih sebagai symbol nafsu muthmainah atau kebaikan. Sedangkan warna coklat sebagai symbol penuh kehidmatan dan kekhusuan tradisi Jawa yang banyak menitikberatkan pada aspek batiniyah. Baik sebagai ekspresi ataupun impresi warna.

Beragam corak warna batik motif sogan tersebut menjadi salah satu trend fashion global dengan jenis motif seperti batik bunga atau batik modern. Batik sogan juga memiliki motif batik yang bervariasi mulai dari teknik sederhana sampai motif batik dengan terknik yang rumit seperti teknik ukel dan gingingan.

Motif Batik Sogan Solo

Pada zaman dulu batik motif sogan dipakai oleh raja-raja di Jawa khususnya keraton kesultanan Solo. Batik sogan Solo didominasi dengan warna coklat muda dan motif yang khas seperti bunga dengan tambahan aksen titik-titik atau lengkungan garis pada batik. Selain itu, batik ini juga memiliki makna kerendahan hati dan bersahaja yang mendekatkan pada pendekatan bumi, alam dan pendekatan kepada rakyat.

Sekarang ini batik sogan tidak hanya digunakan oleh kalangan keraton kesultanan saja, tetapi sekarang banyak juga digunakan oleh masyarakat biasa. Dari berbagai macam motif batik, ada lima motif batik sogan khas Solo diantaranya yaitu motif Sido Asih, Ratu Ratih, Parang Kusumo, Bokor Kencono dan Sekar Jagat.

Motif Sido Asih memiliki motif geometris dengan pola dasar berbentuk persegi empat yang memiliki arti keluhuran. Ketika seseorang menggunakan kain batik ini berarti mengharapkan kebahagiaan hidup. Untuk motif batik Ratu Ratih ini menggambarkan kemuliaan dan hubungan dengan alam sekitar. Motif yang selanjutnya yaitu motif Parang Kusumo yang memiliki motif diagonal dengan garis berlekuk-lekuk dari sisi atas ke sisi bawah.

Sedangkan untuk motif Bokor Kencono memiliki motif geometris dengan pola dasar berbentuk lung-lungan. Motif ini memiliki makna harapan, keagungan dan kewibawaan. Untuk motif yang terakhir yaitu motif Sekar Jagat. Motif Sekar Jagad berasal dari kata sekar yang berarti bunga dan jagad yang berarti dunia. Jika kedua kata digabungkan menjadi kumpulan bunga sedunia. Motif sekar jagad ini merupakan perulangan motif geometris dengan cara dipasaangkan bersisian. Motif tersebut mengandung arti keindahan dan keluhuran kehidupan di dunia.

Baju Batik Sogan

Kain batik motif sogan merupakan salah satu batik yang sampai saat ini masih diburu oleh para pecinta batik. Sudah banyak yang mengetahui jika batik motif sogan identik dengan keraton Jawa yaitu keraton Yogyakarta dan Solo. Jenis batik yang satu ini masih terasa kental akan budaya tradisionalnya dengan warna-warna kalem sampai kuning keemasan.

Jenis batik sogan ini mengeluarkan aura megah serta kesan anggun dengan perpaduan warna dan lekuk motif yang bagus serta makna yang terkandung di balik setiap motif batik tersebut. Dulu baju batik sogan dikenakan oleh kerajaan-kerajaan yang ada di Jawa saja. Tetapi sekarang dengan perkembangan zaman jenis batik dapat digunakan oleh orang biasa atau bukan dari warga kerajaan.

Ada berbagai macam model baju batik ini yang dimunculkan oleh para desainer insonesia. Pada setiap tahunnya baju batik memiliki model yang semakin berkembang dan modern. Tetapi tetap tidak membuang nilai-nilai dari batik tersebut. Berbagai model baju batik ini diantaranya yaitu baju batik sarimbit yang sekarang lagi trend di kalapangan pasangan muda, ada juga baju batik sogan Panjang, baju batik sogan untuk bekerja, baju batik outer dan lain sebagainya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *