Batik Sidomukti

Batik Sidomukti

Batik Sidomukti – Batik sidomukti merupakan jenis batik keraton yang biasanya terbuat dari zat pewarna soga alam. Motif kain batik sidomukti ini asli dan kuno berasal dari Solo, Jawa Tengah.

Kain Batik Sidomukti

"<yoastmark

Kain batik sidomukti merupakan symbol penghargaan atau pun doa yang dituangkan dalam ornamen dan isien-isen. Ada beberapa ornament utama pada batik sidomukti ini, diantaranya yaitu ada ornament utama bentuk kupu-kupu sebagai symbol sebuah harapan yang tinggi.

Ornamen berbentuk sayap serta ornament berupa bangunan berbentuk tahta atau singgasana sebagai symbol kedudukan atau derajat yang tinggi, dihormati seperti seorang raja ataupun pemimpin.

Sedangkan untuk ornamen berbentuk meru merupakan simbl dari kemegahan dan keagungan, seperti sebuah gunung yang terlihat gagah meskipun terlihat dari kejauhan. Serta ornamen bunga merupakan symbol dari keindahan dan kecantikan.

Batik Sidomukti Jogja

Dalam bahasa jawa “Sido” diartikan terus menerus dan “Mukni” diartikan mulia dan sejahtera. Motif dalam batik sidomukti ini mengandung harapan agar keinginannya tercapai. Batik ini biasanya digunakan pada upacara pernikahan dan sebagai doa untuk perkawinan dan rumah tangga yang sejahtera. Batik sidomukti jogja ini diproses dengan canting cap atau batik cap.

Batik Sidomukti Solo

Batik sidomukti solo terkenal dengan batik yang memiliki corak tradisional dan pola tradisionalnya baik batik cap ataupun batik tulis. Selain itu batik sidomukti solo ini memiliki motif lekuk-lekuk yang simetris. Pola pada motif batik sidomukti ini masih mengikuti peraturan.

Setiap ornament dari batik sidomukti Solo memiliki arti yang sangat filosofis. Tetapi biasanya batik sidomukti ini lebih beragam dan cenderung feminim. Bahan yang digunakan untuk pewarnaan batik sidomukti masih menggunakan bahan-bahann alami seperti soga jawa.

Batik sidomukti solo memiliki motif dengan warna coklat kemerahan, biru tua serta warna putih. Warna putih dari motif batik sidomukti cenderung menjadi warna krem, coklan kekuningann atau pun sogan.

Batik Sidomukti Magetan

Batik sidomukti Magetan dikenal dengan batik pring. Batik unggukan yang ada di daerah tempat pembuatan sidomukti magetan yaitu batik Pring Sedapur dan batik Sidomukti Magetan. Corak serta motif dalam batik sidomukti magetan ini sangat unik karena pengaruh budaya kampung.

Motif dari batik motif Sidomukti Magetan ini cenderung memiliki corak serta warna yang segar. Corak tersebut diantaranya yaitu perpaduan ikon flora dan fauna asli dari Indonesia. Selain motif Pring Sedulur, batik Sidomukti Magetan juga memiliki motif lain seperti jalak lawu.

Kain Batik Sidomukti Solo

Kain batik sidomukti Solo memiliki warna batik klasik dengan motif yang asli dan kuno. Batik ini berasal dari Solo, Jawa Tengah. Biasanya kain batik Sidomukti digunakan untuk upacara perkawinan adat Jawa seperti pada tahap siraman, kerikan, ijab dan panggih. Selain itu kain batik Sidomukti juga dinamakan kain sawitan atau pun kain sepasang.

Motif dari kain batik motif sidomukti Solo ini mengandung harapan untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin. Kain batik yang satu ini memiliki beberapa corak berupa ornamen sebagai symbol dan doa. Ornamen ornament tersebut diantaranya yaitu ornament utama gambar kupu-kupu, ornament utama berbenntuk sayap kupu, ornament utama berupa bangunan berbentuk tahta atau singgasana, ornament utama berbentuk meru dan ornament utama berbentuk bunga.

Adapun isen-isen dalam batik kain sidomukti solo berupa titik-titik, gabungan dari titik dan garis, serta garus-garis. Isen-isen dalam kain batik berfungsi untuk mengisi ornament dan motif atau pun mengisi ruang antara motif serta anramen.

Batik Sidomukti Yogyakarta

Batik sidomukti Yogyakarta memiliki bentuk pola motif yang sangat teratur dengan perpaduan warna yang sangat tegas. Sehingga warna kain sidomukti Yogyakarta ini terkesan mencolok antara warna coklat serta warna putihnya dan menimbulkan kesan agak kaku.

Kain sidomukti Yogyakarta ini memiliki ciri motif yang tegas, formal, sedikit kaku dan patuh pada pakem. Warna  soga dari kain Sidomukti Yogyakarta memiliki warna coklat kemerahan ataupun coklat tua, warna putih bersih serta biru tua.

Warna kain sidomukti Yogyakarta ini dibuat dengan bahan-bahan yang alami. Seperti warna biru-hitam diambil dari daun tanaman indigofera atau biasa disebut denga nila/tom yang difermentasi. Sedangkan warna soga atau coklat dibuat dari campuran kulit pohon tinggi atau warna merah. Kulit pohon jambal untuk warna merah coklat dan kayu tegeran untuk warna kuning.

Batik Sidomukti Untuk Pengantin

Pernikahan adat Jawa identic dengan batik. Biasanya batik yang digunakan untuk pengantin harus diawali dengan kata “sida atau sido” yang artinya jadi. Sedangkan motif yang dikenakan oleh orang tua pengantin biasanya motif kain batik truntum.

Salah satu batik yang baik untuk pengantin yaitu batik motif Sidomukti. Batik sidomukti berasal dari kata “Sido” yang berarti jadi atau ters menerus dan “Mukti” yang berarti mulia dann sejahtera. Sehingga batik sidomukti yang digunakan oleh kedua mempelai pada saat pernikahan memiliki makna agar pasangan pengantin menjadi mulia, sejahtera, dilimpahkan rezeki yang cukup serta hhidup bahagia.

Pada pernikahan adat jawa kain batik sidomukti digunakan pada tahap siraman, kerikan, ijab dan panggih. Selain itu batik sidomukti juga sebagai symbol pengharapan serta doa yang dituangkan dalam coraknya, yakni berupa ornament pengisi dan sen-isennya.

Beberapa ornament dalam batik kain sidomukti diantaranya yaitu:

  • Ornament utama bergambar kupu-kupu

Gambar kupu-kupu ini menyimbolkan harapan yang indah dan terbang tinggi.

  • Ornament utama berupa sayap kupu-kupu

Kupu-kupu bagaikan butung yang terbang tinggi mewakili angina. Dan angina merupakan symbol dari sifat adil dan berperikemanusiaan diwakili warna putih

  • Ornament utama berupa bangunan berbentuk tahta dan singgasana

Menggambarkan tahta yang tinggi, kedudukan dan kepemimpinan

  • Ornament utama berbentuk meru

Bentuk meru merupakan gunung, tanah bumu yang disimbolkan sebagai kemegahan dan keagungan

  • Ornament utama berbentuk bunga

Bunga memiliki makna yang baik dan pada batik motif sidomukti disimbolkan sebagai keindahan dan kecantikan

Sedangkan untuk isen-isen pada kain batik motif sidomukti berupa titik-titik atau gabungan dari titik dan garis atau garis-garis. Bisanya isen-isen tersebut berfungsi untuk mengisi ornament dan motif atau pun mengisi motif dan ornament. Beberapa isen-isen pada batik motif sidomukti di antaranya yaitu:

  • Sawut yang merupakan garis-garis lembut yang berjajar rapat. Biasanya sebagai pengisis dedaunan, ekor burung dll
  • Cecekan merupakan isen-isen berbentuk titik-titik kecil rapat ataupun renggang yang memenuhi bidang ornament
  • Ukel merupakan isen-isen berbentuk lingkaran kecil mengeriting
  • Cecek pitu merupakan isen-isen yang berupa titik-titik. Titik-titik tersebut mengumpul dan berjumlah tujuh buah serta biasanya melingkar

Warna dari batik motif sidomukti ini terbuat dari bahan-bahan yang alami. Corak yang khas dan keunikan dari batik motif sidomukti serta keterkaitan yang kental dengan budaya Jawa menjadikan batik sidomukti ini banyak dicari oleh para pecinta batik dan penikmat budaya Jawa, bahkan orang yang akan melakukan pernikahan. Karena batik sidomukti baik dan bagus jika digunakan untuk pengantin.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *