Batik Keris

Profil Batik Keris

Batik Keris
Batik Keris

Batik keris adalah sebuah merek batik terkenal yang  telah ada sejak tahun 1920.  Dan barangkali ini adalah perusahaan batik tertua yang ada di Indonesia.

Berawal dari usaha rumahan kemudian perusahaan ini telah berkembang menjadi sebuah perusahaan besar yang memiliki cabang toko dimana-mana.  Bahkan hingga ke luar negeri.

Lokasi pusat batik keris ada di Sukoharjo, Solo.  Dan jumlah karyawannya telah mencapai angka 2000.

Jika dahulunya adalah perusahaan perseorangan, ternyata di generasi keduanya, batik keris bisa berubah menjadi perusahaan dengan nama PT Batik Keris.

Perubahan dari perusahaan perorangan menjadi PT tentu saja sangat sesuai mengingat perkembangannya juga luar biasa.

Baca Juga : Batik Solo

Pemilik Batik Keris

Siapa tokoh di balik layar batik keris yang mampu membuatnya menjadi sebuah perusahaan dengan jaringan penjualan internasional?

Beliau adalah Kasoem Tjokrosaputro, yang meneruskan usaha batik orang tuanya.  Di tahun 1946 Kasoem mewarisi usaha tersebut dan mengembangkannya.

Awal perkembangan dari batik ini adalah ketika datang sebuah tawaran pinjaman modal asing yang dibuka di tahun 1966.  Oleh Kasoem, pinjaman tersebut kemudian digunakan untuk melakukan perubahan dan perluasan usaha.

Salah satunya adalah dengan mendirikan perusahaan benang dan tenun serta pewarnaan dan konveksi dengan nama PT Dan Liris.

Menurut Kasoem, nama Dan Liris diambil karena memiliki arti sebagai air hujan yang terus menerus meskipun berwujud hujan gerimis.  Sehingga harapan akan pertumbuhan dan perkembangan yang terus menerus seperti layaknya air dapat terus berlangsung.

Baca Juga : Batik Jawa

Logo Batik Keris

Logo Batik Keris
Logo Batik Keris

Sebagai sebuah merek yang ternama batik ini tentu saja memiliki logo sebagai salah satu penanda mereknya.

Dengan gambar 3 keris sebagai simbolnya, batik ini telah menjadi duta budaya batik Indonesia ke seluruh dunia.

Batik Keris Central Park

Tidak hanya tersebar di luar negeri, batik ini juga banyak ditemui di kota-kota besar di Indonesia.  Salah satunya adalah di mall besar di Jakarta, Central Park.  Mall ini berlokasi di Jl. Let Jend S. Parman, Jakarta.

Lokasi gerai batik ini di Central Park ada di lantai 1st Floor unit 126.

Harga Batik Keris

Penasaran dengan harga batik keris?

Simak daftar harga batik keris di bawah ini

No.NamaHarga (Rp)Keterangan
1.Blouse motif parang kombinasi polos (lengan pendek)590.000Kain menggunakan kain katun primisima.  Jenis batik cap
2.Blouse katun motif merak ngibing452.000Tersedia dalam berbagai ukuran,  dengan warna hitam dan marun.  Jenis batik printing.  Kain yang digunakan kain katun
3.Kemeja motif parung barong kombinasi kawung mustika551.000Jenis batik printing.  Dengan kain katun primisima.  Warna tersedia adalah hitam – oranye dan biru – soga
4.Kemeja motif daun padi bledak kombinasi lurik880.000Jenis batiknya adalah batik cap.  Dengan kain katun primisima sebagai bahan bakunya.  Warna yang tersedia adalah biru dan sogan
5.Blouse wanita gradasi pelangi641.000Merupakan batik cap dengan material kain doby
6.Sackdress motif burung carat kombinasi truntum kembang jeruk245.000Jenis batiknya adalah batik cap dengan jenis kain primisima.  Tersedia dalam warna biru dan olive
7.Sackdress motif batu pecah kombinasi sekar sulur745.000Kain yang digunakan adalah cotton primisima dengan jenis batik cap.  Ready warna biru, merah, ungu
8.Blouse batik motif ron sulur615.000Jenis kain doby dengan teknik pembuatan batik cap.  Warna pilihan yang tersedia adalah biru, ungu, orange

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *