Batik Kawung

Batik Kawung – Batik kawung adalah batik yang berasal dari daerah tanah jawa yang sudah dikenal sejak zaman kerajaan mataram kuno. Batik ini merupakan batik tertua dengan motif yang sederhana, batik ini sudah ada sejak abad ke 13.

Konon batik kawung hanya di gunakan untuk para bangsawan kerajaan mataram, motif batik ini hanya berdasar garis geometris. Batik ini bergambar seperti kolang-kaling yang berpusat pada satu titik.

Nah itu juga merupakan suatu filosofi masyarakat jawa khususnya jawa tengah, maksud dari gambar yang ada di batik kawung adalah empat sekawan yang menjadi satu tekad dan tujuan.

"<yoastmark

Batik ini memiliki makna dan arti yang sangat beragam dalam masyarakat jawa, batik ini menjadi kebanggan mereka saat dipakai.

Motif batik kawung memiliki sejarah yang panjang dalam perkembangannya bagi masyarakat jawa khususnya Jawa Tengah. Ada dua versi asal mula batik motif kawung ini yang pertama motif batik ini berasa dari serangga kumbang, dan versi kedua adalah berasal dari buah pohon aren atau kolang-kaling.

Pada zaman dahulu masyarakat biasa tidak boleh memakai batik dengan motif kawung karena hanya orang kerajaan saja yang boleh memakainya.

Saat itu motif batik kawung menunjukan status social dalam masyarakat jawa. Di dalam kerajaan pun masih di bagi motif batik kawung yang digunakan raja, pangeran, ratu, dan para pengawalnya pun berbeda-beda.

Itu lah mengapa batik motif kawung menjadi beberapa motif yang menjadi ciri khas.

Pasti Anda tidak asing lagi dengan nama tokoh pewayangan yaitu Semar, dalam empat sekawan semar merupakan tokoh yang paling tua. Pasti Anda tidak mengetahui bahwa semar memakai celana batik yang bermotif batik kawung, ya… batik motif kawung menjadi motif celana yang sering di pakai semar jika tidak percaya silahkan lihat gambar dibawah ini.

"<yoastmark

Pasti Anda baru tahu kan, bahwa semar memakai celana batik bermotif batik kawung. Saya juga baru menyadari bahwa yang di pakai adalah batik motif kawung, jadi kita harus bangga dengan motif kawung yang menjadi kebanggan kita.

Semar memiliki sifat yang rendah hati seperti motif batik kawung yang bermakna rendah hati kepada sesama manusia. Sebagai manusia kita harus meniru atau mencontoh tokoh semar untuk kita terapkan pada kehidupan sehari-hari kita.

Batik Kawung Solo

"<yoastmark

Batik kawung solo merupakan batik yang digunakan oleh keluarga keraton saja, yang dimana seperti di Yogyakarta. (Baca Juga : Batik Yogyakarta)

Namun kini batik ini sudah bisa digunakan siapa saja, mulai dari masyarakat yang paling bawah hingga masyarakat paling atas.

Sekarang juga sudah banyak pengerajin batik motif kawung solo yang dapat kita jumpai di depan pasar klewer solo. Batik kawung solo memiliki ciri khas yang bisa dibedakan sendiri dengan mata kita. (baca Juga : Batik Solo)

Masyarakat solo yang masih memiliki keraton pasti mempunyak batik jenis ini, sehingga masyarakat solo sering menggunakan pakaian batik jenis ini.

Memang batik jenis ini sangat sederhana dan mudah dibuat, tetapi memiliki filosofi yang tinggi di dalam masyarakat jawa khususnya solo dan Yogyakarta. Lebih baik kita membeli batik yang asli tulis tangan karena akan terlihat lebih mewah dan bagus juga terlihat nilai seninya.

Batik kawung modern

"<yoastmark

Semakin berkembangnya zaman batik kawung juga ikut berkembang dengan menggunakan alat cap, sehingga para pengerajin batik motif kawung solo bisa dengan mudah membuat batik.

Harga batik motif kawung modern dengan batik kawung asli juga tidak kalah murah walaupun masih kalah dengan batik tulis asli. Dengan demikian pasti masyarakat memilih batik motif kawung yang sesuai dengan budget dan juga kesukaan orang tersebut.

Batik kawung modern juga mengalami sedikit perubahan pada motif batiknya, batik modern ini menjadi bervariasi karena hadir dengan motif yang baru.

Seperti gambar diatas adalah motif batik modern kawung, motifnya berbeda tetapi gaya motifnya sama yaitu hanya menggunakan garis simetris sehingga menimbulkan motif yang seperti batik kawung lama.

Juga ada perkembangan di dalam pewarnaannya, banyak warna yang disajikan untuk batik kawung ini, seiring berjalannya waktu cara membuat batik juga sudah menggunakan alat modern yaitu batik cap.

Batik Kawung Memiliki Warna Dasar

"Warna

Batik kawung memiliki warna dasar yaitu warna coklat yang bermakna batang pohon. Warna coklat menjadi warna dasar dari batik ini karena batang merupakan dasar dari pohon. Batik ini menggunakan warna coklat yang sudah menjadi ciri khas dari kain batik, banyak kain batik yang menggunakan warna coklat sebagai dasar dari kain batik.

Warna coklat dalam batik juga bermakna kerendahan diri, rendah hati, dan kehangatan bagi pengunanya. Sehingga banyak batik yang menggunakan warna coklat yang melambangkat rendah hati, dan berharap orang yang menggunakan batik ini rendah hati sesuai warna batik yang digunakan.

Dengan menggunakan warna coklat yang menjadi ciri khas dari batik, pasti semua orang memilih warna yang kalem. Sesuai dengan warna coklat yaitu kerendahan hati pemakai batik tersebut.

Makna Batik Kawung

"<yoastmark

Batik kawung memiliki banyak makna yang sudah kita ketahui bahwa sejak zaman kerajaan mataram batik kawung sudah ada dan hanya digunakan oleh anggota kerajaan saja.

Batik dengan motif kawung bermakna kerendahan hati seseorang yang menjadi ciri khas batik tersebut. Atau bisa juga bermakna agar manusia bisa mengingat kembali asal usul mereka, sehingga mereka bisa rendah hati kepada sesama manusia.

Batik motif kawung pada saat itu hanya digunakan oleh keluarga keraton yang memiliki kekuasan yang besar dan membuat rakyat biasa tidak boleh memakai batik ini.

Setelah perang berakhir maka keluarga keraton memperbolehkan batik kawung digunakan untuk masyarakat biasa. Sehingga saat ini banyak orang yang mempunyai batik motif kawung ini.

Masyarakat sekitar keraton tentunya senang sekali mendengar kabar bahwa batik motif kawung boleh digunakan siapa saja. Serta mereka segera mencari batik untuk mereka beli dan gunakan sebagai pakaian tradisional masyarakat jawa.

Itulah beberapa artikel yang mungkin bisa menambah wawasan pembaca sekalian, jika ingin mengetahui berbagai artikel disini silahkan bereselancar di website kami. Batik memang memiliki segudang makna yang bisa kita petik manfaatnya. Seorang manusia hendaknya bisa rendah diri dan saling tolong menolong sesama manusia, sehingg bisa bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkan.

Untuk itu batik ini menjadi salah satu batik yang sering digunakan oleh masyarakat jawa. Karena makna batik itu sendiri adalah kerendahan hati. Manusia juga sering melakukan kesalahan jadi kita juga harus berinstropreksi diri dan juga harus saling memaafkan agar semua orang bisa tenang.

Makna batik ini juga mengingatkan kita asal mula kita ada di dunia ini, kita berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Jadi kita tidak boleh sombong dengan apa yang kita miliki karena itu semua berasal dari Tuhan Yang Maha Esa.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *