Batik Sasirangan

Batik Kalimantan

Batik Kalimantan – Pulau kalimantan adalah salah satu pulau terbesar di dunia. Banyak orang di dunia mengenal pulau kalimantan sebagai borneo island. Pulau ini merupakan gabungan dari 3 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darusallam. Pulau ini terbagi dalam lima wilayah propinsi yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara. Setiap daerah tersebut memiliki keunikan yang berbeda-beda. Pulau ini memiliki suku asli pulau kalimantan yang bernama suku dayak. Banyak orang luar negeri yang ingin mencari tahu tentang suku dayak. Selain itu ada juga binatang yang mirip manusia yaitu bernama “Orang Utan”.
Pulau Kalimantan
Pulau Kalimantan
Total dari luas wilayah pulau kalimantan ini kurang lebih adalah sekitar 743.330 km2. Pulau Kalimantan ini memang sangat terkenal dengan salah satu slogan “Pulau Seribu Sungai”. Sebab pulau Kalimantan ini memang banyak dialiri sungai sehingga dapat dikatakan sebagian besar wilayahnya berupa sungai. Di kalimantan terdapat sungai terpanjang di Indonesia yaitu sungai kapuas. Dalam sungai tersebut terdapat berbagai macam binatang. Sungai ini persis dengan sungai amazon di brazil, bisa dibilang ini sungai amazonnya Indonesia.

Sejarah Batik Kalimantan

Semuanya berawal dari kisah seorang putri raja di wilayah Rantau Kota Bagantung yang bernama Putri Junjung Buih. Cerita ini merupakan cerita yang lumayan terkenal di daerah Kalimantan.
Batik Kalimantan
Batik Kalimantan
Sebagai syarat agar mau di peristri oleh Patih Lambung Mangkurat, Sang Putri meminta kain tenun serta kain calap atau kain yang diwarnai dan dibuat dalam waktu satu hari. Sang Patih pun setuju. Dengan dibantu oleh empat puluh orang putri, jadilah kain batik dengan corak dan motif batik wadi atau motif padiwaringin. Yang pada akhirnya juga kain tersebut yang pasti lebih dikenal dengan menggunakan nama kain batik Calapan atau juga kain batik Sasirangan.
Batik Sasirangan
Batik Sasirangan
Itulah kain batik tulis dari kalimantan yang pertama kali dibuat sebelum kemudian muncul berbagai macam corak serta motif batik Kalimantan lainnya.

Motif Batik Kalimantan

Sejarah motif – motif batik Kalimantan dan juga penjelasannya dapat kita mulai dari motif batik sasirangan. (Sebagai batik tulis pertama di Kalimantan). Lebih tepatnya berasal dari dari wilayah Kalimantan Selatan. Motif klasik untuk batik-batik Kalimantan antara lain : Batik Benang Bintik motif batik yang berasal dari Kalimantan Tengah, Batik Pontianak motif batik dari Kalimantan Barat. Batik Shaho, motif yang dari Kalimantan Timur. Seiring dengan berkembangnya batik pada kalimantan. Muncul juga beberapa dari motif batik yang memang baru seperti Naga Balimbur, Bayam Raja, Turun Dayang, Jajumputan, Daun Jaruju, dan juga motif batik Kambang Tanjung. Secara umumnya batik Kalimantan ini memiliki ragam warna yang pasti lebih mencolok dan juga berani. Perpaduan warna yang dipakai untuk pewarnaan menggunakan warna – warna pastel yang seperti oranye, hijau, pink, juga warna merah yang menjadi salah satu ciri khas kombinasi warna yang berasal dari batik Kalimantan. Untuk motif batik batang garing, ternyata didalamnya ia memiliki filosofi  tersendiri yaitu pada setiap goresan – goresan motif tersebut adalah perlambang  sebuah pohon di kehidupan sekarang untuk warga suku dayak. Sedangkan motif batik senjata Mandau adalah cerminan dari senjata khas  Dayak yang juga menjadi akar dari budaya dayak. Selain itu pula muncul juga motif – motif baru seperti motif batik burung Enggau yang inspirasinya berasal dari spesies burung asli yang habitatnya berasal dari Kalimantan. Awal mulanya, masyarakat Kalimantan membuat batik menggunakan serat binatang dan kapas sebagai bahan baku utamanya. Akan tetapi seiring perkembangan jaman dan semakin langkanya bahan-bahan tersebut maka masyarakat kalimantan mulai menggunakan bahan yang terbuat dari non kapas yang seperti rayon, sutera, polyester, dan yang lain – lain. Apabila ditinjau dari cara untuk pembuatan, batik Kalimantan dibuat seperti halnya dengan cara pembuatan batik yang pada umumnya yakni dengan menulis menggunakan lilin dan juga menggunakan canting.
Proses Membatik Menggunakan Canting
Proses Membatik Menggunakan Canting
Juga melalui dari proses pewarnaan, pelorotan sampai dengan proses pengeringan dengan dijemur melalui bawah atap yang terlindung dari matahari.

Motif Batik Kalimantan Timur

Batik Kalimantan Timur dikerjakan dengan cara metode penjahitan dan juga ikatan yang ditentukan oleh beberapa – beberapa faktor. Jenis Batik Kalimantan ini memang sangat bagus dan bisa dibilang karya seni tinggi. Karena corak dan motifnya seperti lukisan yang bagus. Komposisi warna motif batik Kalimantan Timur ini sangat ditentukan dengan medianya. Suku dayak sendiri memiliki banyak sekali kebudayaan. Selain faktor dari komposisi warna dan juga efek – efek yang akan timbul, ada juga yang berasal dari jenis benang ataupun dari jenis bahan pengikat yang juga digunakan. Dengan mengkombinasikan beberapa motif serta corak – corak asli batik yang juga satu dengan yang dari lainnya. Maka batik ini akan menarik dan juga akan kelihatan lebih modern.
Motif Batik Kalimantan Timur
Motif Batik Kalimantan Timur
Motif batik Kalimantan Timur memang banyak yang berasal dari suku Dayak yang telah mendiami Kalimantan sejak dari dahulu. Ini merupakan salah satu tanda penghormatan kepada suku Dayak. Sampai saat ini juga masih ada suku dayak yang masih aktif. Seperti dengan motif batik batang garing yang memang menjadi simbol pohon kehidupan pada suku Dayak. Motif mandau yang memang berasal dari senjata yang juga khas dari suku Dayak.
Batik Motif Batang Garing
Batik Motif Batang Garing
Motif dan corak pada batik dayak juga mencerminkan budaya – budaya dari masyarakat Dayak, yang dimana Dayak yang memiliki arti “sungai”. Batik Kalimantan ini memiliki banyak arti karena corak dan garisnya melambangkan sesuatu yang baik. Bagi suku dayak batik ini sangat bagus dan mahal. Motif Batik Kalimantan ini sangatlah unik dan langka. Sehingga tidak mengherankan apabila sungai ini menjadi inspirasi juga dalam motif-motif batik Kalimantan ini. Karena sungai kapuas menjadi bagian dari pulau kalimantan yang menjadi ciri khas dari kalimantan.

Motif Batik Kalimantan Barat

Batik Kalimantan Barat ini motifnya sangat terpengaruh dari beberapa sebuah etnis, yang didalamnya juga termasuk pada etnis Melayu. Corak batik Melayu dikenal dengan sebuah kesan yang juga cukup meriah dengan bentuk yang sangat beragam pula. Selain itu, kita juga perlu dengan sering untuk menemukan sebuah pola bunga sampai arwana. Untuk motifnya sendiri, sebagian dari batik yang khas Melayu dengan menggunakan warna – warna yang jauh lebih cerah. Lantas, setidaknya ada sekitaran 56 dari motif batik Kalimantan Barat yang jauh di bawah sekitaran ini ada beberapa dalam pola yang sangat populer untuk dipakai.
Motif Batik Kalimantan BaratMotif Batik Kalimantan Barat
Motif Batik Kalimantan Barat
Batik Dayak yang juga khas dengan wilayah Kalimantan Barat yang juga merupakan batik dari pontianak. Pontianak memiliki batik yang khas sekali dengan pulau kalimantan. Motif dari batik ini Kalimantan Barat yang sangat dipengaruhi oleh beberapa corak etnis Melayu. Dan juga sangat kental dengan beberapa unsur yang meriah dan juga warna yang cerah. Corak juga yang sangat banyak apabila ditemukan pada motif batik Kalimantan Barat ini. Yang pada biasanya adalah pola ikan arwana dan juga pola bunga – bunga. Ada juga motif insang yang sangat banyak ditemukan pada kain batik dari Kalimantan Barat guna acara pernikahan.

Motif Batik Kalimantan Tengah

Benang bintik adalah batik Kalimantan Tengah yang mempunyai arti: “Benang” yang dalam bahasa setempatnya merupakan helaian pada kain putih. Sedangkan “bintik” mempunyai arti pada desain atau gambar yang sudah ada di atas dari helaian kain. Pada daerah Kalimantan Tengah ini juga memiliki jenis batik tersendiri. Corak dan jenis batik ini berbeda dengan batik sebelumnya. Batik in mengandalkan titik atau corak yang ada pada suku dayak. Simbol pada batik ini juga memiliki arti bagi suku dayak. Ada yang memiliki corak senjata khas suku dayak dan ada yang seperti pot bunga. Batik Kalimantan Tengah sangat beragam dari motif dan juga warnanya.
Motif Batik Kalimantan Tengah
Motif Batik Kalimantan Tengah
Ciri yang sangat khas dari batik benang bintik ini juga terletak pada jenis motif – motif yang melambangkan kebudayaan dan juga suku Dayak. Motif yang ada dalam batik Kalimantan Tengah sangat terpengaruh oleh kepercayaan dari suku Dayak juga yang sering disebut kaharingan. Motif Batik Kalimantan Tengah ini memiliki banyak sekali corak dan warna yang sangat bagus. Banyak orang yang sangat menyukai motif batik kalimantan tengah ini. Kain batik ini masih sangat bagus dan banyak dicari oleh orang.

Penutup

Batik Kalimantan merupakan batik yang harus dilestarikan di Indonesia khususnya di daerah Kalimantan. Karena batik tersebut merupakan kebudayaan negara Indonesia yang harus dilestarikan. Sehingga anak cucu kita bisa mengetahui apa itu batik Kalimantan dan jensinya. Itulah motif-motif batik Kalimantan yang ternyata memang memiliki kekhasan yang unik.  Sebagaimana batik adalah cerminan kehidupan masyarakat setempat, maka batik Kalimantan juga salah satunya. Semoga artikel tentang Batik Kalimantan ini bisa menginformasikan dan bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *