Batik Jawa Barat

Batik Indonesia

Batik IndonesiaBatik merupakan kain yang dilukis dengan menggunakan canting dan juga cairan lilin malam sehingga akan membentuk gambar lukisan – lukisan dengan nilai seni yang tinggi diatas kain mori.

Batik sendiri berasal dari asal kata amba dan kata tik yang merupakan kata dari bahasa jawa.

Kata ini artinya merupakan menulis titik. Jika pada zaman dulu ini disebutnya ambatik.

Membatik ini mengacu kepada teknik seni melukis titik-titik yang memang serba rumit.

Batik Indonesia
Batik Indonesia

Jadi tidak heran jika anda sering melihat teknik batik dengan menggunakan motif-motif rumit.

Meskipun banyak juga batik yang menggunakan motif-motif yang akan lebih simple, bahkan juga modern.

Ada juga definisi yang lain yang mengatakan jika sebenarnya kata batik itu berasal dari kata titik. Yang kemudian ditambahkan dengan kata mba sehingga akan menjadi kata mbatik.

Sehingga kata batik itu dapat diartikan sebagai seni dalam membuat titik, atau juga menitik. Dengan kata lain, batik itu merupakan sebuah metode dalam pembuatan kain.

Batik Indonesia mempunyai beragam corak dan motifnya serta bermacam – macam warna yang dipengaruhi alkulturasi budaya nusantara.

Semula batik Indonesia memiliki corak dan warna yang hanya terbatas, dan hanya memiliki beberapa corak dan hanya boleh dipakai oleh beberapa kalangan tertentu.

Akan tetapi batik pesisir menyerap berbagai pengaruh dari luar, seperti pengaruuh dari bangsa penjajah dan para pedagang.

Ragam Batik Indonesia

Batik Jawa Timur

Batik Jawa Timur
Batik Jawa Timur

Perkembangan batik di Jawa Timur sebenarnya lumayan lambat dibandingkan dengan batik yang di Jawa Tengah.

Salah satu dari penyebabnya mungkin disebabkan batik yang di Jawa Tengah dan juga Yogyakarta mempunyai patron dari beberapa kalangan keraton yang sehingga selalu ada inovasi.

Dimanakah sentra Batik Jawa Timur ini?

Batik Jawa Timur berkembang di beberapa tempat, yaitu :

a. Batik Pacitan

Batik tulis khas pacitan banyak menggunakan motif jenis klasik yang seperti Motif Sekar Jagat, Sidomulyo, Kembang-Kembang, Semen Romodan.

b. Batik Ponorogo

Batik Ponorogo sangat terkenal dengan motif meraknya yang telah diilhami dari kesenian reog yang merupakan ikon di daerah ini. Sampai kini paling tidak sudah  ada 25 corak batik Ponorogo yang telah diciptakan.

c. Batik Mojokerto

Desain batik Mojokerto mengambil dari corak alam sekitar dalam kehidupan manusia.

Seperti motif pring sedapur yang merupakan inspirasi dari gambar rumpunan bambu dengan daun – daunan yang  menjuntai.

Ada motif burung merak yang bertengger.

Warna dari dasarnya adalah putih dengan batang bambu yang berwarna biru. Sedangkan daunnya sendiri berwarna biru dan juga hitam.

Batik Jawa Tengah

Batik Jawa Tengah
Batik Jawa Tengah

Batik Jawa Tengah Adalah Batik Yang Banyak Kita temukan Khususnya didaerah Jawa Tengah. Batik yang berada di Jawa Tengah ini yakni beberapa batik – batik yang sudah terkenal di seluruh nusantara seperti :

a. Batik Semarang

Batik Semarang menawarkan beragam macam corak dan motif yang khas dibandingkan dengan motif – motif batik lainnya yang berasal dari daerah Jawa Tengah.

Pada umumnya batik Semarang ini memiliki warna dasar oranye sedikit kemerahan sebab batik ini mendapat pengaruh budaya dari dari China dan Eropa.

b. Batik Solo

Batik Solo sangat terkenal dengan corak dan juga pola tradisionalnya dalam membuat batik baik itu proses cap maupun juga dalam proses batik tulisnya. Polanya yang sangat terkenal yang antara lain “Sidomukti” dan juga “Sidoluruh”.

c. Batik Yogyakarta

 Di Yogyakarta pada khususnya, warna batik tradisional yakni biru – hitam, dan soga cokelat juga putih dari pewarna alam. Biru – hitam ini diambil dari daun tanaman indigofera yang juga disebut dengan nila atau tom yang telah difermentasi.

 Batik Jawa Barat

Batik Jawa Barat
Batik Jawa Barat

Berkembangnya di daerah Batik Jawa Barat mendapat beberapa pengaruh yang kuat dari para penduduk yang datang dari daerah Jawa Tengah. Batik Jawa Barat ini sangat banyak seperti :

a. Batik Cirebon

Batik Cirebon ini termasuk dalam kelompok batik dari Pesisiran, akan tetapi juga sebagian dari batik Cirebon juga termasuk di dalam kelompok dari batik keraton.

b. Batik Sumedang

Batik Sumedang awal mula dipopulerkan pada era pertengahan tahun sekitar 90an. Motif dari batik Sumedang diantaranya: Klowongan Tahu, Kembang Boled, motif Lingga, Hanjuang, Mahkota (Siger) Binokasih, dan Pintu Srimangganti.

c. Batik Ciamis

Pengaruh dari wilayah di daerah pesisiran dan juga nonpesisir yang merupakan berpaduan dengan akulturasi nilai budaya Sunda.

Juga pada kehidupan sosial yang dari masyarakat Ciamis yang melahirkan ragam dari motif batik ciamis yang memang sangat sederhana akan tetapi juga elegant.

Batik Jambi

Batik Jambi
Batik Jambi

Memiliki ciri khas serta motif batik yang memang berbeda tentunya. Memiliki ciri khas dikarenakan adanya sejarah yang berbeda, iklim yang berbeda, dan juga budaya yang berbeda. Sehingga menghasilkan sebuah kreatifitas karya yang berbeda pula untuk batik jambi ini.

Motif batik jambi sendiri sangat banyak seperti :

a. Batik Jambi motif Bungo Pauh

Pauh merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Sarolangun, provinsi Jambi, Indonesia.

b. Batik Jambi motif Batang Hari

Batanghari adalah nama sungai yang terpanjang di provinsi Jambi dan juga menjadi ikon yang sudah penuh dengan nilai histor.

Juga penunjang perekonomian di Jambi sejak Zaman dahulu. Sehingga ini menginspirasi masyarakat di Jambi untuk dijadikan sebuah motif batik batanghari.

c. Batik Jambi motif Kapal Sanggat

Kapal Sanggat atau kapal karam, pada dalam motif tersebut, rupanya ada gambar dua buah jenis kapal sanggat.

Gambar yang pertama, kapal sanggat yang memiliki tiga bendera. Gambar yang kedua, kapal sanggat dengan gambar empat buah bendera.

Kapal dengan tiga bendera ini melambangkan dan mewakili kalangan masyarakat peladang.

Sedangkan untuk kapal yang dengan empat buah bendera melambangkan kehidupan masyarakat maritim.

Batik Bali

Batik Bali
Batik Bali

Batik Bali disini banyak terinspirasi dari beberapa keindahan alam dan juga akulturasi budaya yang sangat mempesona.

Banyak juga motif dari batik bali yang sangat terinspirasi dari design – design lokal, yang sangat disukai oleh orang – orang Bali maupun para wisatawan domestik.

Obyek dari kehidupan alam bali seperti bungan bungaan antara lain bunga kamboja, dan juga bunga kembang sepatu yang sering menjadi motif dari batik bali.