Batik Betawi

batik betawi
batik betawi

Batik Betawi – Batik bisa dibilang bukan sekedar kain biasa. Batik malah bahkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat di Indonesia, terutama dalam hal berbusana. Serupa dengan batik-batik di berbagai daerah Indonesia, Jakarta yang notabene merupakan pusat budaya. Batik Betawi ini memiliki warna dan corak yang berbeda dari batik yang lainnya. Batik rata-rata memiliki warna cerah serta motif-motif yang diambil dari nilai-nilai budaya yang terdapat di masyarakat Ondel-ondel, Sungai Ciliwung, dan peta Ceila adalah beberapa diantaranya yang menjadi corak khas batik Betawi. Tidak ada aturan khusus dalam pemakaian Batik Betawi.

Batik Betawi Terogong

Batik Betawi Terogong berdiri pada tanggal 5 September 2012. Terogong ini diambil dari nama suatu kampung yang ada di wilayah kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan yang sampai saat ini masih dihuni oleh mayoritas masyarakat Betawi. Batik Betawi Terogong ini didirikan oleh sekelompok keluarga Betawi yang peduli terhadap survevi-nya kebudayaan Betawi ditengah-tengah Jakarta yang cosmopolitan. Yang menariknya lagi, banyak motif unik pada Batik Terogong ini, ada yang motifnya Ondel-ondel, pengantin Betawi, Monas sampai tanjidor. Bahan Batik Betawi Terogong ini bermacam-macam, mulai dari katun prima dan katun primisima, dan sutera. Selain menjadi pakaian, batik ini juga diproduksi menjadi sandal, dompet, dres, dan telapak meja.

Batik Betawi Motif Loreng Ondel-ondel

Motif ondel-ondel ini merupakan motif Batik Betawi yang dibuat untuk mengangkat kesenian Betawi, yakni kesenian boneka ondel-ondel itu sendiri. Boneka ondel-ondel yaitu boneka yang dipercaya bisa untuk sebagai penolak bala (kutukan atau sifat buruk). Motif batik ini dibuat untuk mendapatkan kehidupan yang aman, tentram dan jauh dari bala bencana. Biasanya jenis batik ini banyak digunakan pada acara-acara besar adat Betawi.

Batik Khas Betawi

Kain Batik yang dipajang disalah satu gerai di Thamrin Plaza,Jakarta, itu terlihat istimewa. Coraknya berbeda dengan batik yang kebanyakan. Warnanya yang cerah, dan agak ngejreng. Uniknya lagi ada ikon-ikon khas Betawi. Oleh sang pembuat, Batik ini dinamakan Batik Seraci.

Batik Betawi ini berbentuk kain panjang dan kain sarung yang motifnya dikerjakan dengan tulis dan dengan cap. Dan dengan Bahan kainnya berupa sutera, ATBM, Prima, primis dan dobi. Fungsi dan penggunaan sebagai seragam karyawan/karyawati berbagai kantor pemerintah dan swasta, industry pariwisata, sekolah, dan berbagai acara seremonial, obyek dan atraksi pariwisata serta pentas seni budaya. Filosofi dan makna dari batik khas Betawi adalah sebagai keseimbangan pada alam semesta untuk memenuhi hidup yang sejahtera, aman, dan berkah.

Batik Betawi Motif Ciliwung

Motif Ciliwung ini merupakan motif batik yang menggunakan ide dari kehidupan masyarakat yang ada di tepian sungai ciliwung. Filosofi yang terkandung pada motif batik ini adalah harapan bagi siapa saja pemakainya akan menjadi pusat perhatian dan juga mempunya rezeki yang mengalir lancar seperti halnya aliran air Sungai Ciliwung tersebut.

Batik Betawi Motif Nusa Kelapa

Usut punya usut  Motif Nusa Kelapa ini mempunyai ide desain dari Peta Ceila, Dibuat pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Dahulu diketahui bahwa Jakarta mempunyai beberapa nama mulai dari Nusa Kelapa, sampai menjadi Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia, dan kemudian yang terakhir adalah Jakarta.

Batik Encim Betawi

Mungkin sebagian belum mengetahui kata encim. Encim adalah kata serapan dari Bahasa Tiong Hoa. Sebenarny di kamus Bahasa toing hoa tidak ada kata encim. Kata encim sendiri berasal dari kata cici yaitu panggilan untuk kakak perempuan suku toing hoa. Karena pergaulan dengan pribumi jawa kata cici ini berubah kata menjadi encim yang bisa disimpulkan bermaksa perempuan Cina. Begitulah sejarah kata encim yang kemudian lazim pada zaman dahulu pribumi jawa menyebut wanita toing hoa dengan sebutan encim.

Jadi batik encim tersendiri mempunyai pengertian kain batik yang dipakai oleh permpuan toing hoa yang kebanyakan berupa kain sarung sebagai pasangan kebaya encim. Batik encim itu sendiri mempunyai ciri khas motif flora dengan warna yang cerah. Batik encim adalah identitas utama wanita Peranakan tiong hoa. Pada jaman sekarang wanita Tionghoa hampir jarang memakai kebaya encim lagi. Tetapi ini bukan berarti bahwa batik encim sudah dilupakan masyarakat. Motif batik encim ini sebenarnya adalah motif batik yang dipengaruhi oleh campuran budaya Tionghoa dan budaya Belanda (Eropa). Warnanya yang diinspirasikan warna porselin “famille verte” yang berwarna pastel dadu (pink) dan biru, sedangkan

Motif Batik Betawi Dan Filosofinya

Motif Salakanegara

Motif batik yang satu ini mempunyai tema kerajaan di tanah Batavia sekitar tahun 130 Masehi. Pengambilan nama sendiri merujuk pada kepercayaan warga pada saat itu yang menganggap Gunung Salak memiliki sebuah kekuatan yang besar.

Motif loreng Ondel-ondel

Budaya Betawi yang sudah melkat lama adalah ondel-ondel. Badut dengan tampilan kasini pasti dijadikan ikon Jakarta. Nah, oleh karena itu, sebagai bentuk akuisisi budaya, ondel-ondel pun dimasukkan ke dalam motif batik dan trciptakan motif Loreng Ondel-ondel. Sedikit informasi , banyak warga Betawi yang mempercayai bahwa penciptaan ondel-ondel pada awalnya adalah untuk penolak bala atau mengusir sesuatu yang buruk.

Motif Nusa Kelapa

Pemandangan alam itu menjadi salah satu keindahan dari motif Betawi. Itu juga yang terlihat di motif Nusa Kelapa. Usut punya usut, motif ini memiliki ide desain dari peta Ceila yang dibuat pada 1482-1521 saat pemerintah Prabu Siliwangi. Dari peta tersebut, diketahui bahwa Jakarta tempo dulu benama Nusa Kelapa, lalu nama tersebut berubah menjadi Sunda Kelapa, diubah menjadi Jayakarta, diubah menjadi Batavia, dan akhirnya tercipta Jakarta. Nah, motif alam tersebut lah yang sudah menggambarkan Jakarta masa itu masih penuh dengan alam yang indah pun Gunung dan sawah yang terhampar luas.

Motif Rasamala

Motif ini ternyata penggambaran Belanda saat masuk ke wilayah Sunda Kelapa. Pada waktu itu, daerah Sunda Kelapa masih berupa hutan belantara yang dipenuhi dengan pohon jenis Rasamala. Banyak orang Betawi yang menganggap pohon tersebut keramat karena baunya yang khas dan batangnya bisa dijadikan setanggi atau kemenyan berbau wangi. Karena itu, munculah motif Rasamala.

Itulah beberapa penjelasan tentang batik betawi yang jarang diketahui banyak orang. Semoga artikel tentang batik betawi ini bisa bermanfaat bagi semuanya. Ada banyak sekali jenis batik di Indonesia yang belum diketahui banyak orang.

Batik betawi merupakan salah satu batik yang perlu dilesatarikan. Karena belum banyak orang yang mengetahui tentang batik ini. Semoga saja dengan membaca artikel ini bisa meningkatkan populeritas batik betawi.

Sebaiknya sebagai warga negara kita ikut melestarikan batik Indonesia. Kalau tidak kita lalu siapa lagi? Ayo kita lestarikan kebudayaan negara Indonesia yang sudah di akui oleh dunia. Selain itu batik juga disukai banyak orang dari dalam maupun luar negeri.

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *