Batik Banyumas Anto Djamil

Batik Banyumas Anto Djamil

Salah satu merek batik banyumas yang terkenal adalah batik banyumas Anto Djamil.  Nama anto Djamil di ambil sebagai nama dari pemiliknya yang saat ini mengelola usaha batik tersebut.  Beliau meneruskan usaha yang telah digeluti oleh orang tuanya.  Sehingga dapat disebut juga sebagai pewaris usaha batik.

batik banyumas anto djamil
batik banyumas anto djamil

Namun di tangan beliau usaha batik ini semakin berkembang hingga mereknya cukup terkenal.  Bahkan di daerah Purwokerto akan dijumpai beberapa gerai batik anto djamil yang menyediakan aneka batik produk dari pengrajin rumah batik anto jamil.

Lokasi pusat batik anto djamil ada di sokaraja, Jl. Dewa Kusuma, Kauman, Sokaraja.

Merek batik produksi rumah batik Anto Djamil cukup terkenal karena memang telah menerapkan proses manajemen bisnis yang modern.  Sehingga mengalami perkembangan dan pertumbuhan usaha.

Bukan hanya telah terkenal di daerah Banyumas saja, tetapi hingga di Ibu Kota, batik Anto Djamil ini pun cukup dikenal.  Indro Warkop, Irfan hakim adalah salah satu selebritis tanah air yang pernah mengenakan batik produksi Anto Djamil ini.

Apa yang berbeda dari cara pengelolaan bisnis batk gaya Anto Djamil dengan pebisnis batik lainnya di daerah Banyumas?

  1. Desainnya up to date

Jika melihat pada desain-desain batik Banyumas asli, maka akan didapatkan batik dengan warna gelap dan gambar yang monoton.  Dengan motif yang demikian, menjadikan batik tidak menarik untuk dikenakan oleh anak-anak muda.  Mereka menjadi enggan karena merasa warnanya terlalu tua.

Melihat adanya keinginan anak-anak muda untuk juga turut melestarikan batik dengan mengenakannya, maka rumah produksi batik anto djamil juga membuat batik-batik dengan warna dan desain yang lebih muda serta kekinian.

Kecerdikan ini ternyata efektif untuk membuat anak-anak muda menjadi lebih menyukai batik dalam pakaian-pakaiannya.

Dengan demikian, maka pangsa pasar batiknya pun menjadi lebih luas dan meningkat.

  1. Memiliki jalinan kerjasama dengan instansi dan lembaga-lembaga yang memerlukan batik sebagai seragam kerjanya.

Orderan yang didapat dari kerjasama dengan lembaga dan instansi ini bisa besar nilainya.  Dan ini bagus untuk usaha batik yang memang memerlukan omset untuk dapat berkembang.

Dengan melakukan kerjasama-kerjasama tersebut maka tingkat keuntungan perusahaan menjadi naik.  Dan itu dapat digunakan untuk mengembangkan usaha.

  1. Desain gerai yang di tata apik, rapi serta modern

Terdapat beberapa gerai batik Anto Djamil.  Lokasi di pusatnya di Sokaraja, sedangkan gerai lainnya dapat dijumpai di perumahan Arca WInangun Estate.

Supaya konsumen yang datang merasa nyaman, maka desain gerai dibuat menarik dan apik.  Dengan penataan ala galeri / butik batik terkenal, gerai batik Anto Djamil memberikan suasana yang membuat betah pengunjung.

Bahkan bila anda berkesempatan datang ke gerai pusatnya, maka akan dapat melihat bagaimana proses membatik dilakukan.  Karena memang lokasi workshopnya masih satu tempat dengan gerainya.

Dengan melihat proses pembuatan batik tersebut anda akan memahami betapa proses mendapatkan batik itu tidaklah mudah.

Terutama untuk batik tulis yang memang pembuatannya menggunakan teknik manual.  Sehingga memang hanya bisa dikerjakan satu persatu.

Tidak jarang bahkan untuk batik tulis premium dengan desain rumit memerlukan proses pembuatan hingga 30 hari lamanya untuk setiap lembar kainnya.

Itu sebabnya harga batik tulis pun tidaklah murah.  begitu juga dengan harga batik di gerai batik Anto Djamil ini, untuk batik tulis kualitas premium harganya bisa mencapai jutaan.

  1. Proses branding

Apapun usaha yang dilakukan, seseorang memerlukan branding agar usahanya cepat dikenal oleh masyarakat luas.  Pemahaman ini tampaknya memang sangat dipahami oleh sang pemilik bisnis, sehingga merek batik ANto Djamil ini menjadi sebuah brand yang cukup ternama.

Branding tentu saja tidak hanya berhubungan dengan memperkenalkan nama saja, namun juga melibatkan proses layanan, desain dan kualitas yang juga perlu terus dijaga agar nama baik merek batik anto djamil dapat terus berkembang.

Proses branding yang dilakukan antara lain mengikuti peragaan-peragaan busana bahkan hingga ke Singapura (tahun 2016) di acara Chingay Festival.  Pada saat itu, bahkan batik banyumas ini mampu memukau para pengunjung festival yang memang berasal dari berbagai Negara.

Karena kiprahnya itulah bahkan mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun pernah mampir ke gerai Batik ini di Sokaraja.

Baju Batik Banyumas Anto Djamil

batik banyumas anto djamil
batik banyumas anto djamil

Gerai batik anto djamil tidak hanya menyediakan kain batik saja sebagai produk yang di jualnya.  Baju dan pakaian jadi juga dapat anda temui di sana.

Selain itu, juga terdapat aksesoris dan souvenir-souvenir lainnya yang semuanya berhubungan dengan batik.

Baju batik wanita, kemeja batik pria, baju batik anak, kemeja batik anak, tas batik dapat ditemui disana dengan berbagai desain yang menarik.  Anda sudah tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan dan selera anda.

Harga Batik Banyumas Anto Djamil

Ingin ke gerai batik banyumas anto djamil tapi belum punya gambaran berapa sebenarnya range harga produknya?

Mari teruskan membacanya ya, karena di bawah adalah daftar harga batik di rumah batik anto djamil

No.NamaHarga (Rp)Keterangan
1.Kain batik tulis kombinasi Biron Coret “Kembang Turi”150.000Terbuat dari kain Mori.  Ukuran kain 2.35 x 1.15 m
2.Kain batik tulis kombinasi biron colet “Lumbon Truntum”150.000Terbuat dari kain Mori.  Ukuran kain 2.35 x 1.15 m
3.Kain batik tulis kombinasi biron colet “Wahyu Temurun”150.000Terbuat dari kain Mori.  Ukuran kain 2.35 x 1.15 m
4.Kain batik tulis kombinasi biron colet “Bunga Gesekan”150.000Terbuat dari kain Mori.  Ukuran kain 2.35 x 1.15 m
5.Kain batik tulis kombinasi biron colet “Manggaran Merah”150.000Terbuat dari kain Mori.  Ukuran kain 2.35 x 1.15 m
6.Kain batik tulis kombinasi biron colet “Lowo”150.000Terbuat dari kain Mori.  Ukuran kain 2.35 x 1.15 m
7.Kain batik tulis kombinasi biron colet “Bunga Terompet”150.000Terbuat dari kain Mori.  Ukuran kain 2.35 x 1.15 m
8.Kemeja batik tulis warna alam250.000Ukuran M
9.Rok lilit batik panjang250.000All size
10.Kain batik tulis “Hokokay”850.000

Tidak terlalu mahal kan ternyata harga yang dibandrol batik di rumah batik anto djamil ini.  Tidak perlu khawatir isi dompet akan terkuras.  Dengan uang yang masih dibawah 1 juta kamu bisa mendapatkan batik dengan kualitas internasional.

Ternyata bisa ya produk daerah go nasional bahkan go internasional.   Karena ternyata memang batik menyimpan kekayaan budaya yang begitu tinggi.  Sehingga layak mendapatkan apresiasi yang luas dari masyarakat.

Kita sebagai anak muda juga layak untuk berbangga karena memiliki batik sebagai salah satu milik kita.  Bahkan mengenakannya wajib bangga.  Bukan hanya karena ini asli dari bangsa kita, namun juga karena memang cantik dan modis untuk dikenakan.

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *