Baju Batik Banyumas

Baju Batik Banyumas

Baju Batik Banyumas
Baju Batik Banyumas

Memang batik yang satu ini tidak ada matinya.  Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya menjadikan siapa saja ingin memilikinya.  Bukan hanya itu, kecintaan terhadap batik banyumas juga akan semakin kuat ketika mengetahui bahwa batik ini ternyata juga cantik dijadikan baju dan dipakai untuk kegiatan-kegiatan penting.

Motif batik banyumas dan artinya

Ingin tahu apa saja motif-motif batik banyumas yang ada?  Silakan klik ke artikel “Batik Banyumas”

Kain batik banyumas

Kain batik banyumas bisa diproduksi dengan teknik cap, tulis atau kombinasi.  Hasilnya masing-masing teknik tersebut juga berbeda. (baca juga : Pengertian Batik Banyumas)

Untuk kain batik yang dibuat dengan teknik cap akan menghasilkan kain batik yang seragam dan jumlahnya bisa banyak.

Produksi massal kain batik dengan teknik ini memang memungkinkankarena memang sudah disediakan capnya sehingga untuk memperbanyaknya tinggal dilakukan proses lanjutan saja.

Karena prosesnya yang cepat dan hasilnya banyak, batik cap cocok untuk baju batik seragam.  Baik untuk perkantoran ataupun untuk sekolah.  Harganya juga lebih bersahabat karena memang biaya produksinya tidak sebesar batik tulis.

Batik tulis berbeda dengan batik cap.  Ia memerlukan waktu yang lebih lama sampai pada tahapan kain siap untuk dibuat baju.  Prosesnya memang dilakukan secara manual dengan tangan, satu persatu serta berulang kali.  Sehingga untuk bisa jadi memerlukan waktu antara seminggu hingga sebulan untuk menyelesaikannya.

Lamanya proses pembuatan inilah yang menjadikan batik tulis memiliki harga yang mahal karena biaya tenaga pembatiknya pasti akan lebih banyak.

Di beberapa tempat harga batik tulis bahkan bisa mencapai jutaan rupiah perlembarnya.

Yang menyukai kain batik tulis biasanya adalah kolektor batik yang justru senang dengan produk-produk yang limited edition.  Jika sudah bertemu dengan kolektor, maka biasanya harga sudah tidak dipermasalahkan.

Bagaimana dengan kain batik kombinasi?  Apa yang disebut dengan kain batik kombinasi?

Ternyata kain batik kombinasi adalah kain batik yang proses pembuatannya dengan cara cap dan tulis.  Kedua proses tersebut dijalani karena memang ada gambar yang bisa di buat dengan cap, namun untuk bagian gambar yang hanya bisa dengan tangan dilakukan dengan cara manual menggunakan canting.

Harga batik kombinasi ini lebih murah dari batik tulis, namun masih lebih mahal bila dibandingkan dengan batik cap.  Tentu saja karena ada proses manualnya, maka proses produksinya juga pasti lebih lama dibandingkan dengan batik cap.

Jenis batik banyumas

Jenis batik banyumas dapat dibedakan menjadi cara pembuatannya, motifnya, dan kain yang digunakan.  Batik banyumas berdasarkan motifnya dapat dilihat di artikel Batik Banyumas.  Sedangkan batik banyumas berdasarkan cara pembuatannya telah di jelaskan pada sub judul di atas ini.

Terakhir, batik banyumas berdasarkan pada kain yang digunakan.  Biasanya kain yang digunakan untuk batik adalah kain primisima.  Namun ada juga kain mori dan kain doby.

Kain primisima banyak digunakan pada batik tulis, sedangkan kain jenis doby banyak digunakan pada batik cap.

Kain primisima digunakan karena memilik serat yang rapat, halus dan tebal sehingga pada saat digunakan untuk membatik dengan canting akan memberikan hasil yang cantik.

Kain ini terbuat dari serat katun, oleh karenanya ketika dipakai akan sangat nyaman dan adem.

Bagaimana dengan kain doby?

Kain doby adalah kain  yang dibuat menggunakan mesin tenun doby.  Untuk bisa menghasilkan kain ini diperlukan pola bentuk kainnya sehingga nantinya akan menghasilkan kain dengan motif timbul.

Kain yang ditenun menggunakan mesin doby menggunakan benang katun atau sutra.  Sehingga hasil akhirnya nanti adalah kain dengan kombinasi katun dan polyester.

Yang khas dari kain doby ini adalah pada teksturnya yang seperti ada sensasi kasarnya bila diraba menggunakan tangan.

Batik yang dibuat menggunakan kain doby pada umumnya akan memberikan efek gradasi warna yang dapat memberikan motif baru pada sebuah batik.

Kain ini banyak digunakan pada batik untuk segmentasi orang-orang menengah atas.

Model Baju Batik Banyumas

Anda memilik kain batik banyumas dan ingin di jahit menjadi sebuah baju?  Saat ini sedang mencari inspirasi model untuk baju yang akan dikenakan di sebuah acara khusus?

Untuk mengetahui inspirasi desain baju batik yang cocok, anda dapat menuju ke artikel Model baji batik kantor, baju batik pria, blus batik, rok batik, model baju batik atasan, gaun batik.

Semoga dengan tulisan ini anda mendapatkan informasi tambahan tentang batik banyumas.  Terimakasih sudah membaca.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *